Pengaruh Perlakuan Lama Uap Panas dan Tingkat Kematangan Buah terhadap Mutu Fisik dan Kimia Mangga Gedong Gincu (Mangifera indica L.) Dalam Penyimpanan

Mohamad Ropai, Rochanda Wiradinata, Tetty Suciaty

Sari


Masalah yang membatasi perdagangan internasional buah mangga adalah selain daya simpannya yang relatif singkat juga karena besarnya variasi tingkat kematangan sehingga mutunya tidak seragam. Ketidakseragaman buah mangga sering terjadi karena kurangnya kendali dalam proses penanganan pascapanen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh interaksi antara perlakuan lama uap panas dan tingkat kematangan buah terhadap mutu fisik dan kimia mangga gedong gincu, dan (2) perlakuan lama uap panas dan tingkat kematangan buah yang mempunyai pengaruh terbaik terhadap mutu fisik dan kimia mangga gedong gincu. Penelitian  dilaksanakan di Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBOPT) Jatisari Karawang, dari bulan Oktober sampai dengan bulan Nopember 2011.

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), pola faktorial. Penelitian terdiri dari dua faktor perlakuan, yaitu lama uap panas dan tingkat kematangan buah yang diulang 3 kali. Faktor pertama yaitu lama uap panas (S) terdiri dari empat taraf perlakuan yaitu : s0 (0 menit), s1 (10 menit), s2 (20 menit), dan s3 (30 menit). Faktor kedua yaitu tingkat kematangan buah (T) terdiri dari tiga taraf yaitu : t1 (75% atau umur 100 hsbm), t2 (85% atau umur 108 hsbm), dan  t3 (95% atau umur 116 hsbm).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terjadi interaksi antara perlakuan lama uap panas dan tingkat kematangan terhadap  kadar Vitamin C dan lama simpan. Perlakuan lama uap panas dan tingkat kematangan secara mandiri berpengaruh nyata terhadap kekerasan dan total padatan terlarut, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap warna buah mangga gedong gincu. dan (2) perlakuan lama uap panas 20 menit pada tingkat kematangan 95% memberikan pengaruh baik terhadap kadar vitamin C buah mangga gedong gincu tertinggi yaitu sebesar 17,27 mg dan perlakuan lama uap panas 20 menit pada tingkat kematangan 75% memberikan lama simpan buah mangga gedong gincu yang lama yaitu sebesar 21,21 hari (21 hari 5 jam).

Kata Kunci


Lama Uap Panas, Tingkat Kematangan Buah, dan Mangga Gedong Gincu (Mangifera indica L.)

Referensi


Anugrah, I.P. 2004. Kajian Perubahan Sifat Fisiko-Kimia Buah Mangga (Mangifera Indica, L.) Gedong Gincu. Fakultas Teknologi Pertanian. IPB. Bogor.

Dasuki, IM. 1992. Pengaruh Derajat Ketuaan Buah Pisang Ambon Buai terhadap Mutu Buah Matang. Jurnal Hortikultura. Departemen Pertanian, Jakarta.

Fennema, OR. 1986. Principle of Food Science. Part I Food Chemistry. Marcell-Dekker, Inc. NY, and Bassel.

Izumi H, Watada, AE, Nathanee PK, Douglas W. 1996. Optimum O2 or CO2 Atmosphere Strorage of Carrot Slice, Sticks and shreds. Postharvest Biology and Tecnology.

Klein dan Lurie. 1990. Heat Treatment for Improved Postharvest Quality of Horticulral Crops. Hort. Tecknology.

Lakshminarayana. 1994. Effect of Preharvest Spray of Growth Regulator on the Size, Composición and Strorage Behavior of Sapota (Sapota Linn). Food Sci. Techn.

Muchtadi, D. dan Sugiyono. 1992. Fisiologi Pasca Panen Sayuran dan Buah-buahan. Petunjuk Laboratorium. PAU. Intitut Pertanian Bogor, Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/agroswagati.v1i1.784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##