Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi PGSD Unswagati Cirebon. Dalam satu tahun terbit dua kali yaitu pada bulan Januari dan bulan Juli. Jurnal ini fokus pada publikasi ilmiah bidang keilmuan pendidikan dasar. Ruang lingkup kajian jurnal adalah studi pendidikan dan pembelajaran pada pendidikan dasar. Meliputi Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian, Olahraga dan Kesehatan termasuk pendidikan yang tergabung pada kegiatan ekstrakulikuler dan non kulikuler. Karya tulis yang dapat dipublikasikan melalui Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar adalah karya tulis ilmiah yang berlatar pada hasil kajian literatur maupun hasil penelitian. 

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses double blind review yang diserahkan kepada reviewer. Identitas penulis tidak akan diketahui reviewer dan sebaliknya. Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan artikel dilihat dari kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Reviewer juga akan melihat originalitas dan kualitas referensi dari setiap artikel yang akan dipublikasikan.

 

Frekuensi Penerbitan

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar dalam satu tahun terbit dua kali yaitu pada bulan Januari dan bulan Juli

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Etika Publikasi

TUGAS PENULIS

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis.
  2. Artikel yang dikirim penulis merupakan hasil pemikiran dan penelitian yang orisinil, jujur, bebas dari plagiarisme dan manipulasi data
  3. Kutipan yang ada dalam naskah harus disertai sumber kutipan yang jelas dan dicantumkan dalam referensi
  4. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para reviewer secara profesional dan tepat waktu.
  5. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.

 

TUGAS REVIEWER

  1. Mendapat tugas dari editor untuk mereview karya tulis dan menyampaikan hasil review kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Reviewer tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Memastikan keaslian penyerahan dan waspada terhadap plagiarisme dan publikasi yang berlebihan
  6. Mereview kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  7. Karya tulis direview secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).
  8. Permintaan perpanjangan untuk mereview penyerahan adalah atas pertimbangan ketua editor.

 

 

TUGAS EDITOR BAGIAN

  1. Secara aktif berkontribusi pada pengembangan dan kebaikan jurnal.
  2. Bertindak sebagai duta jurnal.
  3. Terus mendukung dan mempromosikan jurnal.
  4. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh ketua editor.
  5. Meninjau kembali pekerjaan yang ditugaskan padanya. 

 

TUGAS KETUA EDITOR

  1. Editor bertanggung jawab untuk menentukan artikel yang akan masuk dalam proses review.
  2. Mengevaluasi artikel secara adil dan intelektual.
  3. Memastikan kerahasiaan manuskrip dan tidak mengungkapkan informasi apapun mengenai manuskrip kepada orang lain selain orang-orang yang terlibat dalam proses penerbitan.
  4. Memiliki tanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan melalui rapat dewan editor.
  5. Secara aktif mencari pandangan anggota dewan, reviewer dan penulis tentang bagaimana memperbaiki / meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.
  6. Memberikan instruksi yang jelas kepada kontributor potensial mengenai proses pengajuan dan apa yang diharapkan dari penulis.
  7. Memastikan reviewer yang tepat dipilih untuk proses reviewer.

 

Plagiarisme Checker

Setiap naskah yang diterbitkan terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme dengan software Plagiarism Checker X Level 5. Naskah akan diproses apabila hasil scan plagiarisme menunjukan hasil dibawah 25%.

 

Manajemen Referensi

Artikel yang dikirimkan ke Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero atau EndNote

 

 

Pembatalan Publikasi

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskah artikelnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuang secara sia-sia atas tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer, begitu juga dana yang telah diinvestasikan oleh pengelola.

Bila penulis tetap berkeinginan meminta pembatalan/penarikan artikel ketika artikel berada dalam proses peer-review, maka penulis dikenakan denda penalti yang harus dibayarkan sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) per naskah, sebagai kompensasi kepada pengelola jurnal. Bagaimanapun juga pembatalan/penarikan artikel yang telah di-submitt bukan merupakan hal yang etis dilakukan. Adapun pembatalan/penarikan artikel yang disebabkan karena artikel penulis diterima pada suatu jurnal, maka penulis dikenakan denda penalti yang harus dibayarkan sebesar Rp 3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) per naskah. Pembatalan/penarikan artikel hanya dapat dilakukan setelah denda dibayarkan kepada pengelola jurnal. Bila penulis tidak setuju untuk membayar denda, maka penulis dan affiliasinya akan dilarang mempublikasikan tulisan pada jurnal ini.

 

Berlangganan (Versi Cetak)

Apakah Anda ingin memesan Caruban: Jurnal Ilmiah ilmu Pendidikan Dasar versi cetak kami?

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar memiliki kebijakan untuk memungkinkan penulis dan pembaca memesan hardcopies dari sejumlah tertentu / edisi atau volume jurnal tersebut. Biaya hardcopy adalah biaya print-on-demand dan not-for-profit. Biaya minimal diterapkan untuk menutupi pencetakan, penanganan, pengemasan dan pengiriman pos dari volume jurnal. Agar prosesnya tetap sederhana, harga JNPM berlaku untuk semua volume.

Harga Issue (per nomor): Rp. 125.000
Harga Volume (Bundle): Rp 200.000

Harga termasuk biaya pengiriman, penanganan, pengemasan dan pengiriman pos dari hardcopy ke alamat penulis atau pelanggan (dengan standar Registered Mail).

Tersedia hardcopy:

Volume 1 (2018): kumpulan nomor 1-2
Permintaan hardcopy jurnal bisa mengirim email ke caruban@fkip-unswagati.ac.id dengan judul subject "Pemesanan Cetak" atau hubungi kontak melalui wa/sms.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis sebagai berikut: 1) Penyerahan artikel: 0,00 (IDR), penulis diminta untuk membayar biaya penyerahan artikel sebagai bagian dari proses penyerahan untuk berkontribusi pada biaya review; 2) Fast-Track Review: 0,00 (IDR), dengan pembayaran biaya ini, review, keputusan editorial, dan notifikasi penulis di manuskrip ini dijamin dalam 4 minggu; 3) Penerbitan artikel: 200.000,00 (IDR), jika naskah ini diterbitkan, Anda akan dikenakan penerbitan artikel.

 

Petunjuk Penulis

Naskah merupakan naskah asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil penelitian, kajian kepustakaan dan ulasan ilmiah lainnya.

 Jurnal ini fokus pada publikasi ilmiah bidang keilmuan pendidikan dasar. Ruang lingkup kajian jurnal adalah studi pendidikan dan pembelajaran pada pendidikan dasar. Meliputi Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian, Olahraga dan Kesehatan termasuk pendidikan yang tergabung pada kegiatan ekstrakulikuler dan non kulikuler. 

 

Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism.

 Naskah full paper menggunakan kertas ukuran A4. Naskah diketik dengan program word versi 2003 hingga 2007 (docx) serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang fullpaper tidak melebihi 20 halaman. Penulisan naskah menggunakan jenis huruf Times New Roman berukuran 12. Halaman tidak perlu diberi catatan kaki (footnote) serta nomor halaman.

Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

  1. Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 14 kata font size 14, dan harus berlatar pada hasil literatur maupun hasil penelitian
  2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan urutan yang sama.
  3. Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis; jika penulis lebih dari seorang, alamat e-mail cukup ketuanya.
  4. Abstrak: Abstrak ditulis menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 11, dengan jarak baris satu spasi berisi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan panjang abstrak berkisar 150-200 kata.
  5. Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan yang terdiri atas beberapa kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Jumlah kata kunci 3-5 kata/kumpulan kata. ditulis sesuai dengan urutan abjad, antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;). Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.
  6. Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel ilmiah hasil penelitian terdiri dari 10 bagian utama yaitu: (1) judul; (2) baris kepemilikan; (3) abstrak; (4) kata kunci; (5) pendahuluan; (6) metode; (7) hasil dan pembahasan; (8) simpulan; (9) ucapan terima kasih; dan (10) daftar pustaka. (ii) struktur artikel ilmiah non penelitian terdiri dari 9 bagian utama yaitu: (1) judul; (2) baris kepemilikan; (3) abstrak; (4) kata kunci; (5) pendahuluan; (6) hasil dan pembahasan; (7) simpulan; (8) ucapan terima kasih; dan (9) daftar pustaka. Pembahasan harus merujuk referensi primer dan mutakhir.
  7. Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber
  8. Daftar Pustaka: diusahakan paling banyak dari sumber primer (jurnal) dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka.

 

 

KETENTUAN PENULISAN RUJUKAN BERDASARKAN JENIS RUJUKAN:

  • Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam jurnal ilmiah, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul artikel. nama jurnal. volume (nomor):halaman (nama jurnal diketik miring)

Contoh:

Wiryawan, K.G., Luvianti, S., Hermana, W, & Suharti, S. 2007. Peningkatan performa ayam broiler dengan suplementasi daun salam (Syzygium polyantum) sebagai antibakteri Escherichia coli. Jurnal Media Peternakan. 30(1):55-62

  • Apabila sumber pustaka berupa buku teks, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul buku (nama buku dicetak miring). volume (jika ada). edisi (jika ada). kota penerbit:nama penerbit.

Contoh:

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

  • Apabila sumber pustaka berupa buku terjemahan ditulis mengikuti urutan: nama penulis asli. tahun buku terjemahan. judul buku terjemahan (judul buku dicetak miring). volume (jika ada). edisi (jika ada). terjemahan. kota penerbit: nama penerbit

Contoh:

Robinson, T. 1995. Kandungan organik tumbuhan tinggi. Edisi 6. Terjemahan K. Padmawinata. Bandung: ITB Press

  • Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam buku kumpulan artikel ditulis mengikuti urutan: nama penulis artikel. judul artikel. dalam: nama editor jika ada diikuti Ed (jika tunggal) atau Eds (jika lebih dari satu) dalam tanda kurung. tahun. judul buku (judul buku dicetak miring). Volume (jika ada). edisi (jika ada). kota penerbit: nama penerbit.

Contoh:

Ancok, D. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. dalam: Singarimbun M dan Efendi (Eds). 1999. Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES

  • Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam prosiding ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul naskah seminar (judul artikel dicetak miring). judul prosiding. tempat penyelenggaraan seminar. waktu penyelenggaraan.

Contoh:

Rahayu, E.S. 2001. Potensi alelopati lima kultivar padi terhadap gulma pesaingnya. Prosiding Konferensi Nasional XV Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (Buku 1). Surakarta 17-19 Juli 2001

  • Apabila sumber pustaka berupa karya ilmiah yang tidak dipublikasikan (misal: skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian) ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul laporan penelitian. nama proyek penelitian. kota penerbit: instansi penerbit/ lembaga (tulisan skripsi/ tesis/ disertasi/ laporan penelitian dicetak miring)

Contoh:

Aritonang, M.W. 2004. Kajian penyakit ayam broiler pada kandang close house. Skripsi. Bogor: Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor

  • Apabila sumber pustaka artikel dalam surat kabar/ majalah umum, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul artikel (judul artikel dicetak miring). nama surat kabar/ majalah. kota, tanggal penerbit dan halaman.

Contoh:

Kukuh, A. 2008. Obsesi pendidikan gratis di Semarang. Suara Merdeka. Semarang 5 Maret. Hlm. 1

  • Apabila sumber pustaka artikel jurnal online, ditulis dengan urutan: nama penulis. tahun. judul artikel. nama jurnal (nama jurnal dicetak miring). Volume (nomor): halaman.

Contoh:

Ernada, S.E. 2005. Challenges to the modern concept of human rights. Jurnal Sosial – Politika. 6 (11):1-12

  • Apabila  sumber pustaka artikel online (internet) tanpa tempat penerbit dan penerbit, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul artikel(judul artikel dicetak miring). diunduh di alamat website tanggal.

Contoh:

Levy, M. 2000. Enviromental scarcity and violent conflict: a debate. Diunduh di http://wwics.si.edu/organiza/affil/WWICS/PROGRAMS/DIS/ECS/report2/debate.htm tanggal 4 Juli 2002

 

 

 

PETUNJUK UNTUK PENULIS

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di  Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.