PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI BUDAYA KEAMANAN, KENYAMANAN, KEBERSIHAN, KETERTIBAN, KEINDAHAN, KEKELUARGAAN, KERINDANGAN (7K)

Titi Cahyani

Sari


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa program budaya 7K yang telah dilaksanakan di SD Negeri Karangrau Sokaraja sebagai penerapan karakter peduli lingkungan peserta didik. Melalui program ini seluruh  peserta didik diwajibkan untuk melaksanakan kegitan budaya 7K yang sudah ditentukan oleh sekolah. Strategi yang digunakan oleh guru umumnya sama, yaitu dengan menggunakan strategi kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengkondisian, dan keteladanan.

Referensi


Budiarti,Any. (2017). “Penerapan Budaya 7K Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Jasmani. 12, (1). 25-32.

Creswell. J.W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Harjali. (2016). Guru Dalam Mmembangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 23, (1). 10-19.

Ketut Sulastri. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan dangan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih dan Sehat di SDN Wilayah Pukesmas Selemadeg Timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 4, (1). 99-106.

Leli Siti Hardiati. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Univ Garut. 2, (1). 1-8

Pala Aynur (2011). The Need for Character Education International Journal Of Social. 3(2) 23-32

Samani, M. dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar, dan Implementasi). Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v2i2.2358

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Caruban : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar (CJIIPD) by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Caruban/index Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Copyright © 2018 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI). All rights reserved. p-ISSN 2615-1391 | e-ISSN 2620-3219