Media Pop Up Book Kearifan Lokal Cirebon Dalam Pembelajaran Sosial (Studi Kasus Mahasiswa PGSD Tingkat I Universitas Swadaya Gunung Jati)

Iis Yeni Sugiarti, Auliya Aenul Hayati

Sari


Abstrak. Kurangnya pemahaman tentang kearifan lokal Cirebon pada mahasiswa PGSD tingkat I Universitas Swadaya Gunung Jati menyebabkan minimnya pengetahuan yang dimiliki. Hal ini sangat miris, mengingat Cirebon adalah kota budaya dan kota religi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media pop up book kearifan lokal Cirebon, mengetahui sejauh mana motivasi belajar dan minat belajar mahasiswa menggunakan media pop up book kearifan lokal Cirebon. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive rondom sampling. Desain pop up book dibuat oleh mahasiswa setelah mereka melakukan observasi lapangan, dengan menggali nilai-nilai kearifan lokal dan sosial kemasyarakatan dalam pembelajaran sosial. Analisis data desain pembelajaran menggunakan validasi ahli yang terdiri dari ahli media pembelajaran dan ahli materi kearifan lokal Cirebon, motivasi belajar dan minat belajar diukur menggunakan rating scale.

 

Hasil penelitian yaitu 1) Desain media pop up book kearifan lokal Cirebon dalam pembelajaran sosial kategori sangat sesuai dengan memperoleh rata-rata skor 3.20. Artinya media pop up book kearifan lokal Cirebon yang dibuat mahasiswa dapat digunakan tanpa revisi karena sudah sesuai dengan prinsip VISUALS yaitu visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate, structured. 2) Motivasi belajar mahasiswa menggunakan media pop up book kearifan lokal Cirebon dalam pembelajaran sosial memperoleh skor 119.85 dengan kategori sangat setuju sebanyak 85.60%.  Dengan adanya media media pop up book kearifan lokal, memudahkan mahasiswa dalam memahami materi tentang kearifan lokal Cirebon sehingga mahasisw termotivasi untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak dimakan zaman. 3) Minat belajar mahasiswa menggunakan pop up book kearifan lokal Cirebon dalam pembelajaran sosial memperoleh rata-rata skor 83.7 dengan kategori baik sebanyak 74.73%. Dengan adanya media media pop up book kearifan lokal, mahasiswa dapat mencintai dan mewarisi budaya agar tidak terpengaruh oleh faktor globalisasi. 

 

Kata kunci: Media Pop Up Book, Kearifan Lokal Cirebon, dan Pembelajaran Sosial

 

Abstract. The lack of understanding of Cirebon local wisdom in the first-level PGSD students at Gunung Swadaya Gunung Jati caused a lack of knowledge. This is very sad, considering that Cirebon is a city of culture and religious city. This study aims to describe the pop up book design of the local wisdom of Cirebon, to find out the extent to which learning motivation and learning interest of students using pop up books, Cirebon local wisdom. This type of research is a case study with a qualitative approach. The sample used in this study was purposive rondom sampling. The pop up book design is made by students after they make field observations, by exploring the values of local wisdom and social society in social learning. Analysis of learning design data using expert validation consisting of learning media experts and Cirebon local wisdom material experts, learning motivation and interest in learning are measured using a rating scale.

 

The results of the study are 1) Cirebon local wisdom pop up book media design in social learning category is very appropriate to obtain an average score of 3.20. This means that Cirebon local wisdom pop up book media created by students can be used without revision because it is in accordance with the VISUALS principle, which is visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate, structured. 2) Learning motivation of students using Cirebon local wisdom pop up book media in social learning scores 119.85 with a very agreeable category of 85.60%. With the existence of local wisdom pop up book media, it makes it easier for students to understand the material about Cirebon local wisdom so that students are motivated to preserve and preserve local culture so that it is not eaten by the times. 3) The interest in learning students using Cirebon local wisdom pop up book in social learning gained an average score of 83.7 with a good category of 74.73%. With the existence of local wisdom pop up book media, students can love and inherit culture so that they are not affected by globalization.

 

Keywords: Media Pop Up Book, Cirebon Local Wisdom, and Social Learning


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Komara E. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan. 2018;4(1):17-26.

Habba J. Analisis SWOT Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Resolusi Konflik. Jakarta: Penerbit ICIP; 2007.

Uno H. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2008.

Wasti S. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.; 2013.

Creswell JW. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Sundayana R. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v2i2.2492

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.