PENGARUH MENULIS SAINS TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SD NEGERI BIMA KOTA CIREBON)

Tarmidzi Tarmidzi

Sari


Menurut teori belajar Konstruktivisme, pendidikan akan bermakna dan tersimpan dalam memori jangka panjang siswa jika mereka “membangun” sendiri pengetahuannya, dalam hal ini siswa menjadi subjek dalam pembelajaran yang aktif.  Salah satu aktivitas dalam kegiatan belajar adalah menulis.  Semakin terampil seseorang berbahasa, mencerminkan kecerahan dan kejelasan jalan pikirannya.  Tim pengembang Writing Across Curriculum dari Michigan Science Teacher Association (MSTA) and The Office School Improvement menyatakan bahwa menulis dapat membantu siswa menemukan pengetahuan baru, memilah-milah pengetahuan sebelumnya, membuat hubungan dan mengungkap ide-ide baru yang mereka tulis.  menulis dalam kelas sains dapat juga berarti “(1) mengingat pengetahuan lama untuk menyiapkan aktivitas baru; (2) mengembangkan pelajaran baru; (3) menggabungkan dan mengulas ide-ide; serta (4) merumuskan kembali dan memperluas pengetahuan”.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tambahan pembahasan secara deskriptif kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan bahwa menulis sains memengaruhi kemampuan keterampilan proses sains siswa secara signifikan sebesar 26,2%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abell, S. K. 2015. Cara Menulis Sains. Kiat-kiat Mengajarkan Praktikum Sains di TK, SD, hingga SMP. Jakarta. Indeks. Halaman 1-4.

Fansuri. (2003). Model Pembelajaran Sifat-sifat dan Kegunaan Air untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional dan KPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: tidak diterbitkan.

Langer J. A., dan Aplebee, A. N. 1987. How Writing Shapes Thinking. A Study of Teaching and Learning. Illinois. National Council of Teachers of English.

Meranti, D. (2007). Penggunaan Media Animasi komputer pada Pembelajaran Elektrolisis sebagai Penunjang Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan KPS. Tesis pada Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: tidak diterbitkan.

Muta’sin, A. (2000). Pengembangan Modl Pembelajaran KPS melalui praktikum pada topik mataeri dan perubahannya. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: tidak diterbitkan.

Qonita, dkk. 2015. Pengaruh Keterampilan Menulis Sains Terhadap Pemahaman Konsep Energi Panas dan Bunyi Siswa Sekolah Dasar. Bandung. Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswanto, W., Ariani, D. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung. Refika Aditama.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis: Sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung. Angkasa.

Thomas J., D. 2015. Cara Menulis Sains. Kiat-kiat Mengajarkan Praktikum Sains di TK, SD, hingga SMP. Jakarta. Indeks. Halaman 103-113.

Turner, T., dan Broemmel, A. 2015. Cara Menulis Sains. Kiat-kiat Mengajarkan Praktikum Sains di TK, SD, hingga SMP. Jakarta. Indeks. Halaman 19-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v2i2.2499

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.