Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Globalisasi Menggunakan Pendekatan Inkuiri

Sri Asih

Sari


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran globalisasi menggunakan pendekatan inkuiri. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada  siswa kelas IV SDN Pegajahan 1 sebanayak 39 siswa. Teknik penarikan data menggunakan teknik tes dan teknis non tes. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran globalisasi menggunakan pendekatan inkuiri meningkat pada setiap siklusnya, dapat dilihat pada pra siklus nilai rata – rata siswa sebesar 58,97 dengan persentase ketuntasan klasikal 41,03%, sedangkan pada siklus I nilai rata – rata naik menjadi 60,13 dengan persentase ketuntasan 43,09% dan pada siklus II nilai rata – rata naik menjadi 85,51 dengan persentase 94,87%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuri, PKn


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abimanyu, S. (2008). Strategi Pembeajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2006). Standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar SD/MI. Jakarta: BP. Cipta Jaya.

Djauhar, S. M. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Narbuko, C., & Ahmadi, A. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwanti, E. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Wibawa, B., & Mukti, F. (2011). Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v3i1.2897

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.