Pengsembangan Buku Ajar pada Materi Pengukuran Panjang Kelas IV dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa di SD Kota Semarang

Ulya Izza Rahayu

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku ajar yang kurang detail, kurang latihan soal dan pembahasannya, serta pengembangan materi yang kurang luas terutama pada materi pengukuran panjang di SD Kota Semarang. Tujuan utama penelitian ini untuk mengembankan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended yang baik (valid, aktif, dan efektif) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. Buku ajar yang dikembangkan berupa buku ajar pada materi pengukuran panjang kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian menggunakan pendekatan Borg and Gall, dengan memodifikasi langkah-langkah penelitian menjadi : tahap potensi masalah, tahap desain produk, tahap validasi produk, tahap instrumen uji coba, tahap uji coba terbatas. Rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu 4,27. Persentase kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 25,7 %. Maka buku ajar masuk dalam kategori baik, valid dan efektif dalam meningkatkan penalaran siswa.

Kata kunci: Buku ajar, Open Ended, Penalaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apertha, Fanny Khairul Putri, Zulkardi, Muhamad Yusup. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.12 (2), 47-62.

Arifania, Devina Anky. (2017). Pengembangan Buku Guru dan Buku Siswa Matematika kelas I Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia [Skripsi]. Yogykarta (ID): Univesitas Sanata Darma.

Erman Suherman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Mayasari, Dian. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 1 (2) , 99-109.

Nashihah, Durrotun., Joko Sulianto, Mei Fita Asri Untari. (2019). Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol.2 (2), 203-209.

Sugiyono.(2015).Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Bandung:s Alfabeta

Sulianto, Joko, Sunardi, Sri Anitah, Gunarhadi.(2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education Vol.3 (4), 396-403.

Widiyasari, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstruktivis Berbantu E-Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol.1 (1), 64-81.

Widyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, M., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan soal-soal open ended pada pokok bahasan segitiga dan segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 (2), 48-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.