Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Ayu Fitri, Rully Sugiarto

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa yang berpartisipasi aktif, gaduh, serta kurang fokus dalam pembelajaran matematika.  Untuk mengatasi  masalah tersebut lebih tepatnya motivasi belajar matematika yakni dengan  menerapkan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME).  Metode dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Adiarsa Barat II dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa.  Berdasarkan hasil penelitian didapat motivasi belajar matematika siswa pra siklus sebesar 62,13%. Setelah menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education pada siklus 1, nilai motivasi siswa mencapai 74,74% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,72%. Hal ini menunjukkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika Kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Motivasi Belajar Matematika

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: FBIS Publishing.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta :

Graha Ilmu.

Purwanto, N. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohayah, Kurniawati, Ermi. (2009). Panduan Bagi Orang Tua Dalam Pembelajaran Matematika Kepada Anak. Yogyakarta : Media Grafika Utama.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sumantri. (2015). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.