Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar

Tarmidzi Tarmidzi, Widia Astuti

Sari


Abstrak. Siswa yang unggul dan mampu bersaing pada abad 21 dapat terwujud apabila memiliki sumber informasi yang sangat luas. Informasi bisa didapat dengan cara membaca. Sumber belajar yang digunakan guru sudah beragam. Namun, perkembangan teknologi informasi tidak menunjukkan siswa gemar membaca, karena kegiatan siswa bermain gadget tidak digunakan untuk belajar, melainkan lebih cenderung digunakan untuk bermain sosial media dan permainan digital. Tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan literasi dalam upaya sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar (SD), karena dengan tingginya minat baca seseorang dapat berpengaruh terhadap wawasan dan tingkah lakunya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa  pada salah satu SD Negeri di Kota Cirebon. Objek penelitian adalah pengelolaan kegiatan literasi, yakni 1) tahapan program; 2) verifikasi dan teknik review; serta 3) akhir program. Data yang terkumpul kemudian dideskripsikan dan dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan literasi Cirebon Leader’s Reading Challenge (CLRC) ini  memperlihatkan minat baca siswa yang baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi memengaruhi minat baca siswa di Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Literasi, Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Musfiroh,T & Listyorini,B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Litera 15 (1).

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 1 (1).

Surangangga, (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal penjaminan mutu 3 (2).

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya 6 (8).

Tantri & Dewantara. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation 1 (4).

Kartika & Nugrahanto. (2014). Mengembangkan Minat Baca Di Masyarakat Desa Pasanggrahan Dan Desa Malongpong Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Jurnal aplikasi ipteks untuk masyarakat 3 (1).

Damrin . (2015). Minat Baca Siswa Kelas Rendah Dalam Pelaksanaan Literasi Sekolah Di Sd Islam Al Azhar 34 Makassar. Jurnal pendidikan 5 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.