Kajian Permainan Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Taufik Hidayat, Asep Hidayatullah, Rina Agustini

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai jenis permainan (game) edukasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di lingkungan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif analitik. Objek yang diteliti adalah permainan edukasi. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara terhadapa guru, siswa dan ahli pendidikan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni terdapat dua kategori permainan yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa indonesia. Pertama,  permainan yang berisi materi bahasa Indonesia. Materi bahasa Indonesia dijadikan bahan / media permainan sehingga lebih menyenangkan saat dipelajari. Permainan jenis ini contohnya cerita berantai, bercerita menggunakan alat peraga, mengisi dan membuat TTS, dsb. Kedua, permainan dalam bentuk penggunaan strategi pembelajaran yang fokus pada suasana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan. Strategi pembelajaran ini contohnya bola berputar, meraih bintang, permainan tongkat, kartu sortir, dsb. Peneliti berharap hasil kajian ini dapat menjadi bahan rujukan guru untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih baik.

Kata Kunci : permainan, edukasi, pembelajaran, bahasa Indonesia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Freeman, Joan dan Utami, M. (1996). Cerdas Dan Cemerlang. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Melero, J., Leo, H., & Davinia. (2014). A Model for the Design of Puzzle-Based Games Including Virtual and Physical Objects. International Forum of Educational Technology & Society Vol 17 (3):192—207.

Pellegrini dan Saracho, (1991). Pengertian Permainan. http://4loveandlift.blogspot.com

Polito, T. (1994). How Play and Work are Organized in Kindergarten Classroom. Journal of Research in Childhood Education Vol 9 (1) : 32-45

Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom. New York.

Pujiadi. (2014). Pengembangan Game Edukasi untuk Media Bantu Pembelajaran. http://lpmpjateng.go.id

Sugiarsih, S, (2010). Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/septia.../ppm-permainan-bahasa.doc

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Walker, T. D. (2017). Teach Like Finland Mengejar Seperti Finlandia. 33 Strategi Sederhana untuk Kelas yang Menyenangkan (Fransiskus Wicakso, Penerjemah).. Jakarta: Grasindo.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Insan Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/dj.v6i2.2111

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490