PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN CATALISTING YANG BERORIENTASI PADA KECERDASAN LINGUISTIK (PC-KL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ESAI

Nofiyanti Nofiyanti, Sary Sukmawati, Ai Siti Zenab

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan hasil menulis esai antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen melalui strategi permainan catalisting yang berorientasi pada kecerdasan linguistik pada mahasiswa tingkat III di STKIP Siliwangi Bandung. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan menggunakan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi permainan catalisting yang berorientasi pada kecerdasan linguistik pada mahasiswa tingkat III di STKIP Siliwangi Bandung terbukti efektif, baik dari segi pembelajaran maupun proses pembelajaran. Secara rinci dijelaskan sebagai berikut, (1) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,39 sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 70,31. Hasil uji statistik menunjukan nilai signifikasi pada uji independent t test nilai sig. 0, 03 < 0,05 maka ada perbedaan di antara nilai kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan kata lain Ho ditolak, Ha diterima. Maka dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar menuls esai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. (2) Hasil respons tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan strategi permainan catalisting yang berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran menulis esai menunjukkan respons yang baik, yaitu sebanyak 91,81% (32 mahasiswa) memberikan respons positif sedangkan 8,19% (3 mahasiswa) memberikan respons negatif. (3) pembelajaran menulis esai dengan strategi PC-KL lebih menyenangkan dan memudahkan mahasiswa dalam mencari ide sebuah tulisan.

Kata kunci: Strategi catalisting, kecerdasan linguistik, pembelajaran, menulis esai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Amstrong, T. 2002. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. [edisi ketiga]. Jakarta: PT. Indeks.

Anshori, D. 2009. Membaca dan Menulis: Tentang Budaya yang Gagap. Seminar Nasional Menuju Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di: http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/197204031999031-DADANG/Membaca_dan_Menulis.pdf. Diakses 3 Maret 2014 pukul 5.50

Ansori, M. 2016. Pengaruh kecerdasan verbal-linguistik dan kecerdasan visuo-spatial terhadap kreatifitas siswa islamic boarding school smp islam al-ala thn ajaran 2015/2016. Jurnal Al Lubab. [online]. 2 (1) hlm. 1-10. Tersedia di: http://www.ejournal.kopertis4.or.id. Diakses pada tanggal 20 Mei 2016.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia [Edisi Keempat]. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. [Cetakan ketiga]. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Iskandarwassid dan Sunendar. 2015.

Khan, S. 2011. Esai dan Kritik Sastra. http://bahasaindosugik.blogspot.co.id/2011/12/ esai-dan-kritik-sastra.html. Diakses pada tanggal 23 Januari 2015.

Pujiono, S. 2011. Penggunaan Strategi Catalisting Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai.Jurnal LITERA. [Online].Vol. 10 (2), hlm. 148 – 158. Tersedia di http://www.journal.uny.ac.id. Diakses 20 Mei 2016.

Priyatno, Dwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Jogjakarta: Gava Media.

Purba, A. 2008. Esai Sastra Indonesia: teori dan penulisannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shihabuddin. 2009. Evaluasi pengajaran bahasa Indonesia.Uiversitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Sudjana. 2010. Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Bandung: Falah.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiyadi. 2005. Esai kritik dalam majalah Budaya Jaya (1968-1979) upaya pendalaman bahan pembelajaran mata kuliah kesastraan di perguruan tinggi. Bahasa & Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. [Online]. 5 (1), hlm. 18 – 34. Tersedia di http://www.file.upi.edu diakses 20 Mei 1016

Swasti, M., Candiasa, M. dan Warpala, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan kecerdasan Linguistik terhadap keterampilan menulis dalam bahasa Inggris bagi siswa kelas X di SMK negeri 1 Abang. E-journal program pacasarjana universitas Pendidikan Ganesa Program Studi teknologi Pembelajaran. [Online].Volume 3, hlm. 1-10. Tersedia di: http://www.pasca.undiksa.ac.id. Diakses 20 Mei 2016.

Uno, H. B. & Masri K. 2009. Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran, sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainurrahman. 2011. Menulis dari teori hingga praktik (Penawar racun plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Deiksis by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Copyright © 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI).

All rights reserved. p-ISSN 2355-6633 | e-ISSN 2548-5490