KAJIAN PUISI ANAK DAN BAHAN AJAR TEMATIK BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

Abdul Rozak, Dede Endang Mascita, Astuti Astuti

Sari


Penelitian ini bertujuan menganalisis puisi anak yang akan dimanfaatkan untuk penyusunan bahan ajar tematik teks puisi untuk siswa SD. Analisis dilakukan terhadap 10 puisi anak dengan fokus kajian pada struktur, ragam bahasa, dan isi puisi anak yang dibuat oleh siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Sumber data berasal dari puisi karya siswa SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon dan puisi anak yang diambil dari internet. Hasil kajian terhadap 10 puisi anak menunjukkan bahwa puisi anak menggunakan struktur, ragam bahasa, dan isi puisi yang sederhana. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar tematik yang disusun mendapat penilaian sangat baik dari validator terhadap penyajian materi, bahasa, keterbacaan, dan gramatikanya. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yunus. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.

Abiyasa, Ekohm. 2015. Terdapat pada: http://serampaikata.blogspot.co.id/2014/01/tipografi-pada-puisi.html Diunduh pada 14 Desember 2016.

Alfiah, Yunarko Budi Santoso. (2009). Pengajaran Puisi. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zein, Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djoko Pradopo, Rachmat. (2012). Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Herman J Waluyo.1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Herman J Waluyo. 2008 Pengkajian dan Apresiasi Puisi.Salatga : Widya Sari Press.

https://id.wikipedia.org/wiki/Puisi. Diunduh pada 19 November 2016.

Ismail, Musa. 2014. Terdapat pada: http://www.riaupos.co/2204-spesial-pembelajaran-(bahasa)-sastra-dalam-kurikulum-2013.html#.WBV4ejWWbBI

Jabrohim (Ed). 1994. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Moeliono. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pradopo, Rachmat Djoko. (2012). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Uneversity Press.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rofi’uddin, A. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Rohman, Saifur. (2012). Pengantar Metodologi Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rozak, Abdul. (2009). Penilaian Yang Berkeadilan Dan Berdaya Ungkap Kompetensi Teruji; Kasus Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal terbit 16/01/2009 Repository FKIP Unswagati. https //scholar. google.co.id/ citations

Rozak, Abdul. (2014). Membaca Sastra dalam Kurikulum 2013. Jurnal terbit 06/12/2014 Repository FKIP Unswagati. https://scholar.google.co.id/ citations

Rozak, Abdul. (2014). Membaca Kehidupan Melalui Teks Puisi. Jurnal terbit 22/12/2014 Repository FKIP Unswagati. https://scholar.google.co.id/ citations

Rozak, Abdul. (2017). Dari Catatan Harian Ke Puisi. Artikel pada Deiksis-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Terdapat pada: http://jurnal.unswagati.ac.id/

Salad, Hamdy, (2014).Panduan Wacana & Apresiasi Seni Baca Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor.

Slamet. (2007). Dasar – dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Deiksis by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Copyright © 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI).

All rights reserved. p-ISSN 2355-6633 | e-ISSN 2548-5490