PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DI SMP

Elin Rosmaya

Sari


Pembelajaran menulis mempunyai peranan yang penting dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Peran penting menulis tidak hanya digunakan sebagai sarana belajar namun juga digunakan untuk menunjang aktivitas kehidupan pada saat ini dan pada saat memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, semua pendidik berharap agar anak didiknya dapat menguasai keterampilan menulis dan salah satunya adalah siswa dapat menulis karangan eksposisi. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, diketahui bahwa pada kurikulum 2013 tingkat SMP kelas VIII KD 3.6. Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi lingkungan sosial, dan keragaman budaya dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan. KD tersebut menunjukan salah satu kegiatan pembelajaran siswa adalah menulis karangan eksposisi dan menurut hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa kemampuan siswa untuk menulis karangan eksposisi masih rendah. Umumnya siswa tidak dapat mengembangkan gagasan atau ide dalam karangannya. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang dimiliki siswa dan menyebabkan siswa kesulitan untuk mengolah ide menjadi sebuah karangan. Untuk mengatasi permasalahan itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut. Untuk itu penulis mengangkat permasalahan denga judul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan hasil analisis terhadap metode investigasi kelompok dan materi ajar dapat disimpulkan bahwa dengan metode investigasi kelompok siswa dapat dimudahkan dalam menulis teks ekposisi.  Selan itu,  metode ini cocok atau sesuai dengan pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP.

Kata Kunci : Menulis, teks eksposisi, metode investigasi kelompok

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhadiah, Sabarti dkk. 2003. Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Arifin, Zaenal. Tasai, Amran. 2006. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta : Akademika Pressindo.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Finoza, Lamudin. 2007. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.

Joyce, Bruce. Weil, Marsha dan Calhoun, Emily. 2009. Models Of Teaching (Model-model Pngajaran). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung : Yrama Widya.

Muslich, masnur. 2007. KTSP dasar pemahaman dan pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung : Nusa Media.

Sugiyanto. Model-model Pembelajaran Inovatif. 2009. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Syamsudin dan Damaianti, Vismaia S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tabroni, Roni. 2007. Melejitkan Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung : Nuansa.

Tarigan, Djago. 2008. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tedjo, Tony. 2006. Menulis Seni Mengungkapkan Hati. Bandung : Agape.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta : Kencana.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta : Garasindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Deiksis by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Copyright © 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI).

All rights reserved. p-ISSN 2355-6633 | e-ISSN 2548-5490