Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal interdisipliner yang mempublikasikan kajian-kajian pustaka, penelitian empiris, review buku terkait dengan pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Ekonomi. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Edunomic ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Ekonomi dan Akutansi
  2. Pendidikan IPS
  3. Kajian Ilmu Pendidikan
  4. Studi Ekonomi dan Bisnis

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses blind review yang diserahkan kepada seorang reviewer. Identitas penulis tidak akan diketahui reviewer dan sebaliknya. Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan artikel dilihat dari kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Reviewer juga akan melihat originalitas dan kualitas referensi dari setiap artikel yang akan dipublikasikan.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Biaya Publikasi

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis sebagai berikut: 1) Penyerahan artikel: 0,00 (IDR), penulis diminta untuk membayar biaya penyerahan artikel sebagai bagian dari proses penyerahan untuk berkontribusi pada biaya review; 2) Fast-Track Review: 200.000,00,- (IDR), dengan pembayaran biaya ini, review, keputusan editorial, dan notifikasi penulis di manuskrip ini dijamin dalam 4 minggu; 3) Penerbitan artikel cetak: 200.000,00,- (IDR), jika naskah ini diterbitkan, Anda akan dikenakan penerbitan artikel. 

 

Etika Publikasi

  1. Secara umum landasan etika publikasi Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengikuti acuan berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah bersumber dari COPE (Committee on Publication Ethics)

Tugas Penulis

Standar Pelaporan: Penulis harus menyajikan laporan yang akurat tentang penelitian asli yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Peneliti harus mempresentasikan hasil mereka dengan jujur dan tanpa pemalsuan, pemalsuan atau manipulasi data yang tidak pantas. Sebuah manuskrip harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman penyerahan jurnal.

Orisinalitas dan Plagiarisme: Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli sepenuhnya. Naskah tidak boleh diserahkan secara bersamaan ke lebih dari satu publikasi kecuali jika editor telah setuju untuk publikasi bersama. Karya dan publikasi sebelumnya yang relevan, baik oleh peneliti lain maupun milik penulis, harus diakui dan dirujuk dengan semestinya. Literatur primer harus dikutip jika memungkinkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai.

Publikasi Ganda, atau Bersamaan: Secara umum penulis tidak boleh menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Berbagai publikasi yang timbul dari satu proyek penelitian harus diidentifikasi secara jelas dan publikasi utama harus dirujuk

Pengakuan Sumber: Penulis harus mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan. Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan.

Kepenulisan Naskah: Penulisan publikasi penelitian harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu untuk pekerjaan dan pelaporannya. Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Dalam kasus di mana kontributor utama terdaftar sebagai penulis sementara mereka yang membuat kontribusi kurang substansial, atau murni teknis, untuk penelitian atau publikasi terdaftar di bagian pengakuan. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai penulis bersama.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Semua penulis harus dengan jelas mengungkapkan dalam manuskrip mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan: Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan: Penulis harus mengidentifikasi dengan jelas dalam manuskrip jika pekerjaan tersebut melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya.

 

Tugas Editor

Keputusan Publikasi: Berdasarkan laporan review dari dewan editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini. Redaksi harus bertanggung jawab atas semua yang mereka terbitkan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitas bahan yang mereka terbitkan dan menjaga integritas catatan yang diterbitkan.

Tinjauan Naskah: Editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses peer review mereka dalam informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian jurnal mana yang ditinjau oleh rekan kerja. Editor harus menggunakan peer reviewer yang tepat untuk makalah yang dipertimbangkan untuk publikasi dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari mereka yang memiliki konflik kepentingan.

Fair Play: Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima oleh jurnal ditinjau untuk konten intelektualnya tanpa mempertimbangkan jenis kelamin, jenis kelamin, ras, agama, kewarganegaraan, dll dari penulis. Bagian penting dari tanggung jawab untuk membuat keputusan yang adil dan tidak memihak adalah penegakan prinsip independensi dan integritas editorial. Editor berada dalam posisi yang kuat dengan membuat keputusan tentang publikasi, yang membuatnya sangat penting bahwa proses ini seadil dan tidak bias mungkin.

Kerahasiaan: Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai naskah yang diserahkan oleh penulis dirahasiakan. Editor harus secara kritis menilai setiap potensi pelanggaran perlindungan data dan kerahasiaan pasien. Ini termasuk membutuhkan persetujuan berdasarkan informasi yang benar untuk penelitian aktual yang disajikan, persetujuan untuk publikasi jika berlaku.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Editor Jurnal tidak akan menggunakan materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan untuk penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Redaktur tidak boleh dilibatkan dalam keputusan tentang makalah di mana mereka memiliki konflik kepentingan

 

Tugas Reviewer

Kerahasiaan: Informasi mengenai naskah yang diserahkan oleh penulis harus dirahasiakan dan diperlakukan sebagai informasi istimewa. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Pengakuan Sumber: Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian. Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau harus segera memberi tahu jurnal jika mereka menemukan penyimpangan, memiliki keprihatinan tentang aspek etis dari pekerjaan, mengetahui kesamaan substansial antara naskah dan penyerahan bersamaan dengan jurnal lain atau artikel yang diterbitkan, atau menduga bahwa pelanggaran mungkin telah terjadi selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah; pengulas harus, bagaimanapun, menjaga kerahasiaan masalah mereka dan tidak secara pribadi menyelidiki lebih lanjut kecuali jurnal meminta informasi atau saran lebih lanjut.

Standar Objektivitas: Tinjauan naskah yang diserahkan harus dilakukan secara obyektif dan pengulas harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung. Peninjau harus mengikuti instruksi jurnal tentang umpan balik spesifik yang diperlukan dari mereka dan, kecuali ada alasan bagus untuk tidak melakukannya. Peninjau harus konstruktif dalam ulasan mereka dan memberikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Peninjau harus memperjelas penyelidikan tambahan yang disarankan yang mana yang penting untuk mendukung klaim yang dibuat dalam naskah yang sedang dipertimbangkan dan yang hanya akan memperkuat atau memperpanjang pekerjaan

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Informasi atau ide yang diperoleh secara istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung ke kertas. Dalam kasus tinjauan double-blind, jika mereka mencurigai identitas penulis (s) memberitahukan jurnal jika pengetahuan ini menimbulkan potensi konflik kepentingan.

Ketepatan: Peninjau harus merespons dalam kerangka waktu yang masuk akal. Peninjau hanya setuju untuk meninjau naskah jika mereka cukup yakin mereka dapat mengembalikan ulasan dalam proposal

 

Proses Review

Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses dua tahap review, pertama adalah Editor Review dan double blind review yang diserahkan kepada reviewer. Identitas penulis tidak akan diketahui reviewer dan sebaliknya. Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan artikel dilihat dari kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan. Reviewer juga akan melihat originalitas, kebermanfaatan artikel dan kualitas referensi dari setiap artikel yang akan dipublikasikan. Berikut ini tahapan-tahapan proses review.

 

1) Editor Review

Naskah yang sudah diterima editor akan melalui proses review awal oleh editor. Editor akan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Kesesuaian Ruang Lingkup dengan Edunomic; 2) Kesesuaian Template; 3) Kualitas Referensi; dan 4) Plagiarisme. Keputusan akan diambil oleh editor untuk "menerima", menolak" dan "menerima dengan revisi".

 

2) Revisi Penulis 1

Editor mengirimkan keputusan naskah hasil review kepada penulis. Jika naskah "diterima dengsn revisi" maka penulis diwajibkan melakukan perbaikan sesuai dengan saran dari editor. Penulis diberi waktu 2 minggu untuk menyelesaikan revisi naskah. Naskah yang telah direvisi diupload kembali melalui sistem.

 

3) Double Blind Review

Pasca melewati proses editor review. maka naskah yang telah diterima dilanjutkan untuk direview oleh dua orang reviewer. Reviewer bertugas mereview konten dari naskah. Reviewer berhak menilai dan merekomendasikan hal-hal yang perlu diperbaiki dalam setiap bagian naskah. Reviewer dapat merekomendasikan untuk "menerima", menolak" dan "menerima dengan revisi" naskah yang direview. Keputusan penerbitan artikel yang direview tetap di tangan dewan editor.

 

4) Revisi Penulis 2

Editor mengirimkan keputusan naskah hasil double blind review kepada penulis. Jika naskah "diterima dengsn revisi" maka penulis diwajibkan melakukan perbaikan sesuai dengan saran darireviewer. Penulis diberi waktu 2-4 minggu untuk menyelesaikan revisi naskah. Naskah yang telah direvisi diupload kembali melalui sistem.

 

5) Penerbitan

Setlah proses review selesai maka artikel yang telah diterima akan masuk ke tahap editing dan profreading, hingga setting layout. 

 

Plagiarism Checker

Setiap naskah yang diterbitkan terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme dengan software Plagiarism Checker X Level 5 atau Turnitin. Naskah akan diproses apabila hasil scan plagiarisme menunjukan hasil dibawah 25%.

 

Pembatalan Publikasi

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskah artikelnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuang secara sia-sia atas tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer, begitu juga dana yang telah diinvestasikan oleh pengelola.

Bila penulis tetap berkeinginan meminta pembatalan/penarikan artikel ketika artikel berada dalam proses peer-review, maka penulis dikenakan denda penalti yang harus dibayarkan sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per naskah, sebagai kompensasi kepada pengelola jurnal. Bagaimanapun juga pembatalan/penarikan artikel yang telah di-submitt bukan merupakan hal yang etis dilakukan. Adapun pembatalan/penarikan artikel yang disebabkan karena artikel penulis diterima pada suatu jurnal, maka penulis dikenakan denda penalty yang harus dibayarkan sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) per naskah. Pembatalan/penarikan artikel hanya dapat dilakukan setelah denda dibayarkan kepada pengelola jurnal. Bila penulis tidak setuju untuk membayar denda, maka penulis dan affiliasinya akan dilarang mempublikasikan tulisan pada jurnal ini.

 

Manajemen Referensi

Artikel yang dikirimkan ke Jurnal Edunomic disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero atau EndNote

 

Pembatalan Publikasi

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskah artikelnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuang secara sia-sia atas tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer, begitu juga dana yang telah diinvestasikan oleh pengelola.

Bila penulis tetap berkeinginan meminta pembatalan/penarikan artikel ketika artikel berada dalam proses peer-review, maka penulis dikenakan denda penalti yang harus dibayarkan sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per naskah, sebagai kompensasi kepada pengelola jurnal. Bagaimanapun juga pembatalan/penarikan artikel yang telah di-submitt bukan merupakan hal yang etis dilakukan. Adapun pembatalan/penarikan artikel yang disebabkan karena artikel penulis diterima pada suatu jurnal, maka penulis dikenakan denda penalty yang harus dibayarkan sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) per naskah. Pembatalan/penarikan artikel hanya dapat dilakukan setelah denda dibayarkan kepada pengelola jurnal. Bila penulis tidak setuju untuk membayar denda, maka penulis dan affiliasinya akan dilarang mempublikasikan tulisan pada jurnal ini.

 

Indeksasi dan Reputasi

Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berusaha menjadi jurnal yang berupatasi dan banyak diakses oleh pembaca. Berikut ini beberapa reputasi dan indeksasi yang telah diperoleh edunomic.

 

Jurnal edunomic telah terakreditasi dan terindeks Sinta peringkat 5 pada tahun 2019 dan pada awal tahun 2020 naik ke peringkat 4 (Sinta 4). Edunomic terus berusaha memperbaiki peringkat untuk menjadi jurnal yang berkualitas.

Jurnal edunomic juga terindeks secara internasional salah satunya adalah dimensions.

 

Jurnal edunomic merupakan member Crossref.

 

 

Google Scholar menjadi salah satu bukti bahwa Jurnal edunomic cukup bereputasi karena banyak dirujuk oleh artikel-artikel lainnya.
 
 
Garuda merupakan pengindeks jurnal yang disediakan oleh kemenristek dikti.
 
 
Neliti merupakan mitra Edunomic dalam menyebarkan luaskan artikel yang telah terbit.