Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

 Pedoman Umum dan Layouts

  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan kerapatan baris 1 spasi, huruf Times New Roman 12, Ukuran kertas A4, margin atas 3 cm, bawah 3 cm, kiri 2,5 cm dan kanan 2,5 cm.
  • Panjang naskah minimal 4000 kata dan maksimal 7000 kata atau 10-15 halaman A4 dengan 1 spasi, sudah termasuk bagan, chart/grafik, tabel dan referensi.
  • Abstrak ditulis dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Panjang Abstrak terdiri dari 150-250 kata, ditulis dengan huruf Times New Roman 10. Abstrak disertai dengan 4 kata kunci.
  • Naskah dikirim langsung melalui online submissions Jurnal Edunomic.
  • Naskah yang dikirimkan akan dilakan review oleh reviewer setelah melalui proses review oleh redaksi.
  • Naskah yang sudah melalui proses review dan disetujui untuk dipublikasikan, akan disunting oleh editor tanpa mengubah subtansi isi dari naskah tersebut.

 

STRUKTUR ARTIKEL

Terdapat dua jenis artikel yang kami terima dalam Jurnal Edunomic, yaitu Artiekl Hasil Penelitian dan Artikel Hasil Pemikiran dan Kajian Pustaka. Berikut ini strukturnya:

                                         Struktur Artikel Hasil Penelitian

  • Judul : Judul diharapkan jelas, efektif dan efisien, maksimal judul terdiri dari 14 kata termasuk kata penguhubung.
  • Nama Penulis : Penulis yang dicantumkan tanpa gelar.
  • Institusi : Institusi dicantumkan disertai dengan alamat e-mail.
  • Abstrak :Panjang abstrak minimal 150 kata dan maksimal 250 kata, disertai kata kunci maksimal 4 kata kunci.
  • Pendahuluan : Pendahuluan ditulis tanpa sub judul. Pendahuluan dalam naskah sudah termasuk latar belakang, tujuan penelitian, kerangka teoritis atau kajian pustaka yang mengacu pada beberapa pustaka atau hasil penelitian terbaru.
  • Metode Penelitian : Metode Penelitian ditulis tanpa sub judul. Metode penelitian dalam naskah menjelaskan mengenai pendekatan, lokasi penelitian, metode, pupulasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  • Hasil dan Pembahasan : Sub judul dalam hasil dan pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dan pembahasan ditulis secara sistematis. Grafik/Chart, Tabel disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Referensi : Seluruh sumber kutipan yang ada dalam naskah harus masuk ke dalam referensi. Gaya penulisan kutipan mengikuti pedoman dari APA 6.

                        Struktur Artikel Hasil Pemikiran atau Kajian Pustaka 

  • Judul : Judul diharapkan jelas, efektif dan efisien, maksimal judul terdiri dari 14 kata termasuk kata penguhubung.
  • Nama Penulis: Penulis yang dicantumkan tanpa gelar.
  • Institusi : Institusi dicantumkan disertai dengan alamat e-mail.
  • Abstrak: Panjang abstrak minimal 150 kata dan maksimal 250 kata, disertai kata kunci maksimal 4 kata kunci.
  • Pendahuluan : Pendahuluan ditulis dengan sub judul sesuai dengan kebutuhan.
  • Pembahasan : Sub judul dalam hasil dan pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dan pembahasan ditulis secara sistematis. Grafik/Chart, Bagan, Tabel diurutkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Referensi : Seluruh sumber kutipan yang ada dalam naskah harus masuk ke dalam referensi. Gaya penulisan kutipan mengikuti pedoman dari APA 6.

 

TATA CARA PENGUTIPAN

Pengutipan dalam penulisan Jurnal Edunomic menggunakan gaya APA 6. Direkomendasikan untuk menggunakan Academic Refencing Tools.

Pengutipan dalam Teks

Pengutipan sumber yang ada naskah wajib mencantumkan nama belakang penulis, tahun dan halaman. Contoh: “Mnemonik merupakan strategi-strategi menghafal dan mengasimilasikan informasi (Joyce & Weil, 2009, h. 33)”. Atau “Joyce & Weil (2009, h.33) mengatakan bahwa “Mnemonik merupakan strategi-strategi menghafal dan mengasimilasikan informasi”.

Pengutipan dalam Referensi

Seluruh kutipan yang ada dalam teks wajib masuk dalam bilbiografi. Dengan format yang merujuk pada APA 6. Berikut ini contoh dari pengutipan yang disarankan.

Sumber berasal dari buku.

Nama Belakang, Insial. (Tahun). Judul Buku.Tempat Publikasi: Penerbit.

Contoh:

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Sumber berasal dari Artikel Jurnal

Nama Belakang, Insial. (Tahun). Judul Artikel Jurnal. Jurnal Penerbit, Volume(Nomor), Halaman.

Contoh:

White, E. (2009). Student perspectives of peer assessment for learning in a public speaking course. Asian EFL Journal, 33(1), 1-36.

Tierney, R., & Simon, M. (2004). What's still wrong with rubrics: focusing on the consistency of performance criteria across scale levels. Practical Assessment, Research & Evaluation9(2), 1-10.

Suñol, J. J., Arbat, G., Pujol, J., Feliu, L., Fraguell, R. M., & Planas-Lladó, A. (2016). Peer and self-assessment applied to oral presentations from a multidisciplinary perspective. Assessment & Evaluation in Higher Education41(4), 622-637.

 

 

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.