HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI HIDUP SEHAT DENGAN PERILAKU MEMELIHARA KEBERSIHANLINGKUNGAN (Studi pada Ibu Rumah Tangga RW 05 Kelurahan Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)

Novi Nurjanah, Sulidar Fitri, Karien Febrian

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi dan motivasi hidup sehat; hubungan motivasi hidup sehat dengan perilaku ibu rumah tangga memelihara kebersihan lingkungan; hubungan status sosial ekonomi dan motivasi hidup sehat dengan perilaku ibu rumah tangga memelihara kebersihan lingkungan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya ibu rumah tangga di RW 05 Kelurahan Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya sebanyak 400 ibu rumah tangga. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari populasi. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 ibu rumah tangga. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda.

Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara status sosial ekonomi dengan perilaku dalam memelihara kebersihan di RW 05 Kelurahan Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,661 yang termasuk kategori kuat dan memberikan kontribusi sebesar atau 43,7%, terdapat hubungan antara motivasi hidup sehat dengan perilaku dalam memelihara kebersihan lingkungan di RW 05 Kelurahan Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,755 dan memberikan kontribusi sebesar 57%,terdapat hubungan antara status sosial ekonomi dan motivasi hidup sehat dengan perilaku dalam memelihara kebersihan lingkungan di RW 05 Kelurahan Setiaratu Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dengan nilai korelasi sebesar 0,782 yang termasuk kategori kuat dan memberikan kontribusi sebesar atau 61,2%.

Kata kunci: sosial ekonomi, motivasi, perilaku, kebersihan lingkungan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S .2002.. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Edisi Kedua), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kasnodihardjo dkk, 1997.Gambaran Perilaku Penduduk Mengenai Kesehatan Lingkungan di Daerah Pedesaan Subang Jawa Barat. Pusat Penelitian Ekologi Kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI, Jakarta. Cermin Dunia Kedokteran No. 119, 1997.

KLH. 2008. Kontribusi Perusahaan Servis AC/Refrigeration Terhadap Upaya Perlindungan Lapisan Ozon dan Pengendalian Pemanasan Global. Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan.Sosialisasi Daur Ulang CFC-12/R-12. MAC Sector Phase Out Plan. Kementerian Lingkungan Hidup. Bali, 12 Setember 2008.

Notoatmodjo, S. 2002. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.Jakarta : Rineka Cipta.

Saifuddin, A. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV Alfa Beta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Edunomic by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Edunomic

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Copyright © 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI).

All rights reserved. p-ISSN 2337-571X | e-ISSN 2541-562X