PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF

Yopi Nisa Febianti

Sari


Pemberian reward and punishment dalam pembelajaran harus dilakukan. Reward and punishment merupakan bagian dari reinforcement (penguatan) yang diberikan oleh seorang pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Reward merupakan reinforcement yang bersifat positif, dimana guru memberikan pujian atau penghargaan kepada siswa saat berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Sedangkan, punishment merupakan reinforcement yang bersifat negatif, dimana guru memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa ketika mereka melanggar peraturan saat belajar di kelas. Agar pembelajaran di kelas lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, maka reward and punishment yang diberikan harus merupakan tindakan-tindakan yang positif.

Kata Kunci: motivasi, belajar, reward, punishment


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Rasyidin. (2008). Falsafah Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka.

A.M., Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori Dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Fadjar, M. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Faidy, Ahmad, B. dan Arsana, I.M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(2), 454-468.

Hasanah, M. (2015). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP NU Pakis Malang. [Online]. Tersedia: etheses.uin-malang.ac.id/2923/1/09130096.pdf. [30 Juni 2017, pukul 06.00 WIB].

Ma’arif, M. A. (2017). Hukuman (Punishment) Dalam Perspektif Pendidikan Pesantren. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-20.

Robbins, S. P. (2007). Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Sulaiman. (2014). Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas IV SD Nunggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 85-93.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Edunomic by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Edunomic

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Copyright © Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi.

All rights reserved. p-ISSN 2337-571X | e-ISSN 2541-562X