DESAIN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBASIS WEB PADA PERKULIAHAN PRAKTIKUM AKUNTANSI MANUAL

Aan Anisah, Nurul Senja WF

Sari


Penelitian ini secara khusus bertujuan menghasilkan Modul Akuntansi berbasis web yang  valid. Dalam jangka panjang bertujuan dapat mengembangkan modul pembelajaran e-learning. Model yang digunakan dalam penelitian  ini adalah menggunakan teori Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan  peneliti adalah angket lembar validasi ahli dan praktisi, Adapun teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif hasil validasi dari subjek validasi adalah teknik deskriptif presentase dengan mengubah data kuantitatif menjadi bentuk presentase, selanjutnya diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk bahan ajar Akuntansi Berbasis Web dapat dihasilkan dan dikembangkan; (2) Kelayakan produk bahan ajar yang dihasilkan adalah baik, ditunjukan dengan  hasil validasi  ahli materi  sebesar 88%, Ahli Web 90% dan Ahli Praktisi  Sebesar 89%, rerata penilaian para ahli sebesar 89% dengan tingkat validitas Layak  (baik tanpa revisi), sehingga modul akuntansi berbasis web layak diujicobakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astiwi, F.W. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia untuk Siswa SMP. Malang: Universitas Negeri Malang.

Habibi A. G., Kurniawan A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Keseimbangan Benda Tegak. E-Journal UNESA Vol (1) 2

Hujair A.H. (2013). Media Pembelajaran Interakif Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Irmayanti, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi berbasis Web blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 14, No.1.hal (45-54)

Poore M. (2013). Using Social Media In The Classroom a Best Practice Guide. Singapore: Replika Press

Purwadi A., Surjono H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 2 hal. 152-165

Puspitasari S. D., Mustaji (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web dengan Menggunakan Prinsip-Prisip Model di SMA Elaborasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 13 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol. I, No.I.

Riduwan, (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata (2013). Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tasri Lu’mu (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK. Vol.3. No.2

Yuhefizar (2013). Cara Mudah dan Mura Membangun dan Mengelola Website. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Edunomic by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Edunomic

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Copyright © Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi.

All rights reserved. p-ISSN 2337-571X | e-ISSN 2541-562X