AKTUALISASI AJARAN KONFUSIUS YANG DIADAPTASIKAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN

edi fitriana afriza, Astri Srigustini

Sari


Keberhasilan ajaran konfusius yang dianut etnis tionghoa untuk menjalankan wirausaha menjadikan mahasiswa tertarik dalam mempelajari kewirausahaan disamping itu profesi wirausaha yang didoiminasi etnis tionghoa dijadikan sebagai sebagai suatu simbol dari keberhasilan dan kesuksesan. Ajaran konfusius menerapkan kemanusiaan, hubungan, kesopanan, keberanian, kebijaksanaan, dapat dipercaya dan kesetiaan yang diadaptasikan pada kehidupan sehari-harinya dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan menjadikan ajaran konfusius yang melekat pada etnis tionghoa dalam bidang wirausaha dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran pendidikan karakter kewirausahaan. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif melalui pendekatan interaksi simbolik dengan teknik pengumpulan data melalui interview, observasi lapangan, dan studi kepustakaan. Hasil penelitiannya mengenai 1) Sumber pembelajaran ajaran konfusius yang diadaptasikan pada kewirausahaan sangat dinamis dan relevan terhadap perkembangan pendidikan kewiraushaan, 2) Ajaran konfusius dipandang sesuai dalam menumbuhkan karakter sejati entrepreneur dan 3) Etnis tionghoa dipandang repersentatif sebagai teladan dalam lingkungan aktivitas ekonomi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Edunomic by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Edunomic

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Copyright © 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI).

All rights reserved. p-ISSN 2337-571X | e-ISSN 2541-562X