DETERMINASI KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP KINERJA RENTABILITAS PERUSAHAAN

Fi'liyatul Laely, Enceng Yana

Sari


Struktur kepemilikan suatu perusahaan dapat mempengaruhi jalannya perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan terutama kinerja rentabilitas perusahaannya dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Struktur kepemilikan perusahaan terdiri dari beberapa jenis salah satunya merupakan kepemilikan keluarga. Secara umum perusahaan keluarga adalah perusahaan yang memiliki struktur kepemilikan keluarga. Hal tersebut dapat menimbulkan beberapa permasalahan dalam manajemen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan keluarga. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja rentabilitas perusahaan yang dicerminkan melalui return on assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepemilikan keluarga terhadap kinerja rentabilitas perusahaan dengan dicerminkan melalui return on assets (ROA).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Maka sampel yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.

Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kepemilikan keluarga memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja rentabilitas perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan keluarga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja rentabilitas perusahaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi yang sangat kecil sekali hanya sebesar 0,02%. Hasil pembahasan menemukan bahwa kepemilikan keluarga hanya berpengaruh sangat kecil terhadap kinerja rentabilitas perusahaan, karena dalam menentukan kinerja rentabilitas perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh kepemilikan keluarga namun dapat dipengaruhi oleh sebab-sebab lainnya yang tidak diteliti oleh penulis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianingsih, Arum., Ardiyani, Komala. 2010. Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Kinerja Perusahaan.

Astuti, Apri Dwi., Rahman, Abdul., dan Sudarno. 2015. Pengaruh Kepemilikan Keluarga Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Agency Cost Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Dinamika Akuntansi. Magister Akuntansi Universitas Diponogoro.

Atmaja, Ayub Arisetya., Wibowo, Alexander Jatmiko. 2014. Pengaruh Kepemilikan Asing dan Corporate Social Responsibiliy terhadap Kinerja Perusahaan yang Terdaftar dalam Indexs Sri-Kehati Tahun 2009-2013.

Bungin, M Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Diaz, Rafika., Jufrizen. 2014. Pengaruh Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) terhadap Earning Per Share (EPS) pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Dini, Nur’aeni. 2010. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia ). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro Semarang.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, Mamduh M., dan Halim, Abdul. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harrison Jr. Walter T., Horngren, Charles T., Thomas, C. William, dan Suwardy, Themin. 2011. Akuntansi Keuangan IFRS Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Hery. 2015. Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Jessica. 2014. Pengaruh Family Ownership terhadap Financial Performence pada Badan Usaha yang Terdaftar di BEI periode 2010-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.1.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kausari, Annis. 2014. Pengaruh Kepemilikan Keluarga terhadap Kinerja Perusahaan dengan Mempertimbangkan Strategi Bisnis sebagai Variabel Pemoderasi pada Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia.

Komalasari, Puput Tri, dan Nor, Muhammad Alfin. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Keluarga, Kepemimpinan Dan Perwakilan Keluarga Terhadap Kinerja Perusahaan

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Novia P, Dina. (2012). Manajemen Keuangan. Modul 8. Perusahaan Manufaktur. 4 September 2017. Lab of Agribusiness Analysis and Managenent, Faculty of Agriculture, Universitas Brawijaya. http://wisynu.lecture.ub.ac.id/files/2012/09/MK_8_Perush.Manufaktur.pdf

Putri, Nindya Intan, dan Nasir, Mohamad. Pengaruh Kepemilikan Saham Keluarga Terhadap Kualitas Laba Dengan Perlindungan Investor Dan Budaya Nasional Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Nonkeuangan di Asia Dan Australia). Jurnal.

Rebecca , Yulisa., dan Siregar , Sylvia Veronica. Pengaruh Corporate Governance Index, Kepemilikan Keluarga, dan Kepemilikan Institusional terhadap Biaya Ekuitas dan Biaya Utang: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.

Riduwan., Sunarto. 2015. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-8. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Bambang. 2013. Cet: 9. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sanusi, Anwar. 2014. Motodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ke-4. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiarto. 2013. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan & Informasi Asimetri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA.

Sujoko., Soebiantoro, Ugy. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Laverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik pada Perusahaan Manufaktur dan Non manufaktur di Bursa Efek Indonesia).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Supradnya , I Nyoman Trisna., dan Ulupui , I Gusti Ketut Agung. 2016. Pengaruh Jenis Industri, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Kepemilikan Asing Terhadap Kinerja Modal Intelektual. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud).

Wiranata , Yulius Ardy., Nugrahanti , Yeterina Widi. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur di Indonesia.

Wiranata , Yulius Ardy. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Yudastio. 2016. Pengaruh Family Ownership Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung Bandarlampung.

www.idx.co.id diakses tanggal 15 Mei 2017

www.sahamok.com diakses tanggal 15 Mei 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Edunomic by http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Edunomic

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Copyright © 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI).

All rights reserved. p-ISSN 2337-571X | e-ISSN 2541-562X