Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

The aim of the Euclid, p-ISSN 2355-1712 dan e-ISSN 2541-4453, is to provide an nasional forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, new technologies in mathematics education.

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure and applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics:

  • Mathematics Learning Model
  • Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching
  • Design/Development Research in Mathematics Education
  • Mathematics Ability
  • ICT in Mathematics Education
  • Ethnomathematics
  • Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics; 
  • Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/Combinatorics.

Papers published in the six-monthly journal (January and July):
(1) report evaluation and research findings;
(2) treat conceptual and methodological issues; and/or
(3) consider the implications of the above for action; and/or
(4) an extensive book reviews section and also occasional reports on educational materials and equipment.

 

Tujuan Euclid, p-ISSN 2355-1712 dan e-ISSN 2541-4453, adalah untuk menyediakan forum nasional untuk sharing, diseminasi dan diskusi penelitian, pengalaman dan perspektif di berbagai bidang matematika murni dan terapan, pendidikan, pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek pendidikan dan inovasi, metodologi pembelajaran, teknologi baru dalam pendidikan matematika.

Euclid mengundang artikel asli dan tidak diserahkan secara bersamaan ke jurnal atau konferensi lain. Seluruh spektrum penelitian dalam matematika murni dan terapan, dan pendidikan matematika diterima, termasuk, namun tidak terbatas pada topik berikut:

Model Pembelajaran Matematika
Penilaian dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika
Desain / Pengembangan Penelitian Pendidikan Matematika
Kemampuan Matematika
ICT dalam Pendidikan Matematika
Ethnomathematics
Matematika Terapan: Matematika Lingkungan, Matematika Industri, Matematika Komputasi, Matematika Ekonomi, Matematika Keuangan, Statistik;
Matematika Murni: Aljabar, Geometri, Analisis, Matematika Diskrit / Kombinasi.


Artikel diterbitkan dalam jurnal enam bulanan (Januari dan Juli):
(1) melaporkan evaluasi dan temuan penelitian;
(2) menangani masalah konseptual dan metodologis; dan / atau
(3) mempertimbangkan implikasi dari tindakan di atas; dan / atau
(4) bagian ulasan buku yang ekstensif dan juga laporan berkala tentang materi dan peralatan pendidikan.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Submitted papers are evaluated by anonymous referees for contribution, originality, relevance, and presentation (double-blind review). Reviewers will consider the feasibility of the articles viewed from the suitability of title, abstract, introduction, discussion and conclusion. The reviewer will also see the originality and reference quality of each article to be published. The Editor shall inform you of the results of the review as soon as possible, hopefully in 30 to 60 days. Plagiarism detection of articles in this journal is carried out by using plagiarismcheckerx.com (Web Checker) and Mendeley as a Tool Reference Manager. 
 
Setiap artikel yang disubmit akan dievaluasi oleh animous reviewer terkait dengan kontribusi, keaslian, relevansi dan tampilan (double blind review). Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan artikel dilihat dari kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Reviewer juga akan melihat originalitas dan kualitas referensi dari setiap artikel yang akan dipublikasikan. Editor akan memberitahukan hasil review sesegera mungkin, kurang lebih dalam 30 sampai 60 hari. Penetapan plagiarisme artikel dalam jurnal ini dilakukan dengan menggunakan plagiarismcheckerx.com (Web Checker) dan Mendeley  sebagai Tool Reference Manager.

 

Frekuensi Penerbitan

Jadwal penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan januari dan juli.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Etika Publikasi

Artikel yang diterbitkan di Euclid adalah bagian penting dalam pengembangan pengetahuan yang koheren dalam bidang pendidikan matematika dan ini merupakan cerminan langsung dari kualitas penulis dan institusi. Oleh karena itu penting untuk menyepakati etika publikasi yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, reviewer, penerbit dan masyarakat. Euclid berkomitmen untuk menjamin bahwa semua prosedur dilakukan objektif dan intelektual. Selanjutnya, para editor dan reviewer mengevaluasi manuskrip tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau kepentingan politik dan kelompok tertentu. Perangkat lunak digunakan untuk menghindari plagiarisme di antara artikel.

Berikut tugas penulis, reviewer, editor bagian dan ketua editor.

Tugas Penulis:

  1. Artikel yang dikirim penulis merupakan hasil pemikiran dan penelitian yang orisinil, jujur, bebas dari plagiarisme dan manipulasi data.
  2. Artikel yang dikirim belum pernah dipublikasikan dan/atau sedang dalam proses pengajuan ke jurnal lain.
  3. Kutipan yang ada dalam naskah harus disertai sumber kutipan yang jelas dan dicantumkan dalam referensi.
  4. Setiap personel (mahasiswa atau supervisor) yang masuk dalam skema penelitian harus dimasukan menjadi penulis.
Tugas Reviewer:
  1. Reviewer bertanggung jawab untuk merekomendasikan kelayakan publikasi naskah yang dikirimkan.
  2. Reviewer berhak memberi kritik dan saran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas naskah yang dikirimkan.
  3. Bisa menolak untuk meninjau kiriman apapun karena ada konflik kepentingan atau pengetahuan yang tidak memadai.
  4. Mereview semua pengajuan secara objektif, adil dan profesional.
  5. Ungkapkan kesalahan etika yang dihadapi saat meninjau kembali Ketua Editor untuk tindakan lebih lanjut.
  6. Harus memastikan keaslian penyerahan dan waspada terhadap plagiarisme dan publikasi yang berlebihan.
  7. Patuhi waktu yang dialokasikan untuk proses review.
  8. Permintaan perpanjangan untuk mereview penyerahan adalah atas pertimbangan ketua editor.

Tugas Editor Bagian:

  1. Secara aktif berkontribusi pada pengembangan dan kebaikan jurnal.
  2. Bertindak sebagai duta jurnal.
  3. Terus mendukung dan mempromosikan jurnal.
  4. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh ketua editor.
  5. Meninjau kembali pekerjaan yang ditugaskan padanya. 

Tugas Ketua Editor:

  1. Editor bertanggung jawab untuk menentukan artikel yang akan masuk dalam proses review.
  2. Mengevaluasi artikel secara adil dan intelektual.
  3. Memastikan kerahasiaan manuskrip dan tidak mengungkapkan informasi apapun mengenai manuskrip kepada orang lain selain orang-orang yang terlibat dalam proses penerbitan.
  4. Memiliki tanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan melalui rapat dewan editor.
  5. Secara aktif mencari pandangan anggota dewan, reviewer dan penulis tentang bagaimana memperbaiki / meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.
  6. Memberikan instruksi yang jelas kepada kontributor potensial mengenai proses pengajuan dan apa yang diharapkan dari penulis.
  7. Memastikan reviewer yang tepat dipilih untuk proses reviewer.

 

Article Submission and Processing Charges

We do not charge authors any fee for submitting, processing and publishing articles. Readers can read and download any full-text articles for free of charge. However, for authors who want to have print-out of the journal are charged for printing and shipment fee.  The authors must pay IDR 300.000 for 2 exemplars. Shipment fee complies the location (http://www.jne.co.id/tarif.php)

 

Manajemen Referensi

Artikel yang dikirimkan ke Euclid disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero atau EndNote

 

Plagiarisme Checker

Setiap naskah yang diterbitkan terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme dengan software Plagiarism Checker X Level 3. Naskah akan diproses apabila hasil scan plagiarisme menunjukan hasil dibawah 15%.

 

Pembatalan Publikasi

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskah artikelnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuang secara sia-sia atas tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer, begitu juga dana yang telah diinvestasikan oleh pengelola.

Bila penulis tetap berkeinginan meminta pembatalan/penarikan artikel ketika artikel berada dalam proses peer-review, maka penulis dikenakan denda penalti yang harus dibayarkan sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) per naskah, sebagai kompensasi kepada pengelola jurnal. Bagaimanapun juga pembatalan/penarikan artikel yang telah di-submitt bukan merupakan hal yang etis dilakukan. Adapun pembatalan/penarikan artikel yang disebabkan karena artikel penulis diterima pada suatu jurnal, maka penulis dikenakan denda penalty yang harus dibayarkan sebesar Rp 3.000.000,00 (tiga juta rupiah) per naskah. Pembatalan/penarikan artikel hanya dapat dilakukan setelah denda dibayarkan kepada pengelola jurnal. Bila penulis tidak setuju untuk membayar denda, maka penulis dan affiliasinya akan dilarang mempublikasikan tulisan pada jurnal ini.