Analisis Hubungan Kausalitas Perubahan Volume Perdagangan dan Perubahan Harga Saham Wijaya Karya Tbk

Wahyuni Windasari

Sari


Perubahan harga saham dan perubahan volume volume perdagangan merupakan indikator untuk mengamati reaksi pasar modal. Volume perdagangan saham yang tinggi menandakan saham sedang dalam keadaan baik dan sedang aktif diperdagangkan di pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kausalitas antara perubahan harga saham dan perubahan volume perdagangan saham Wijaya Karya (WIKA) pada masa lampau dengan perubahan volume perdagangan dan perubahan harga saham pada saat ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah Granger Causality Test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan satu arah, dimana perubahan harga saham pada periode saat ini (t) dan periode t-2 berpengaruh terhadap perubahan volume perdagangan saham WIKA pada saat t, dan tidak berlaku sebaliknya. Adapun efek jangka panjang dari perubahan harga saham terhadap perubahan volume perdagangan yaitu sebesar 10.856 %.

 

Kata Kunci. Granger Causality Test, Volume Perdagangan, Harga, Saham.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariestha, Dian. 2005. Hubungan Kausalitas Perubahan Harga Saham dan Perubahan Volume Perdagangan pada Kondisi Pasar Bullish dan Bearish di Bursa Efek Jakarta. Surabaya : FE UNAIR.

-------------------------------------------------------------------------------------

Heimstra, Craig dan D. Jones, Jonathan. 1994. Testing for Linear and Non Linear Granger Causality In Stock Price-Volume Relation. Journal of Finance. Vol. 49 No. 5.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EUCLID terindeks oleh Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License