DESAIN TUGAS UNTUK MENGIDENTIFIKASI PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN

Endang Krisnawati

Sari


Untuk mengukur pemahaman siswa seringkali guru hanya menggunakan tes yang fokus pada kemampuan secara prosedural. Padahal ada tujuh proses kognitif dalam memahami konsep yang dapat digali lebih lanjut agar siswa dapat secara utuh memahami konsep, bukan hanya langkah proseduralnya saja. Proses pembuatan tugas ini dimulai dari penyusunan draft 1 yang dikonsultasikan kepada seorang profesor dan seorang doktor di bidang pendidikan matematika, selanjutnya draft 1 divalidasi oleh tiga orang validator dengan hasil layak digunakan tanpa perbaikan untuk tugas 2 dan 4 serta layak digunakan dengan perbaikan untuk tugas 1 dan 3. Berdasarkan hasil validasi kemudian dilakukan revisi sehingga terbentuk draft 2 untuk uji keterbacaan. Hasil dari uji keterbacaan adalah prototipe tugas final yang selanjutnya diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas tipe stabilitas dan tipe konsistensi internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas yang dirancang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel.


Teks Lengkap:

PDF PDF PDF

Referensi


Anderson, Lorin, & Kratwohl, David. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman.

Charalambous, Charalambos Y. 2007. Drawing On Theoretical Model to Study Students’ Understanding of Fraction. Jurnal Springer Educational Studies in Mathematics, Vol 64 p.293-316

Krisnawati, Endang. 2015. Proses Kognitif Siswa SD Dalam Memahami Konsep Pecahan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Tesis tidak dipublikasikan, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.

Lambdin, Diana, dkk. 2009. Helping Children Learn Mathematics. USA: John Wiley & Sons Inc.

Pitta, Demetra. 2004. Elementary School Students’ Mental Representations of Fraction. Prosiding the 28th Conference of the International Group for The Psychology of Mathematics Education Vol 4.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2015. Desain Tugas Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Diakses di: https://www.researchgate.net/publication/242735927

Van de Walle, John A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally. New York: Pearson.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EUCLID terindeks oleh Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License