DESAIN BAHAN AJAR PERBANDINGAN BERBASIS PEMAHAMAN MATEMATIS

Tri Nopriana

Sari


Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kesulitan belajar (learning obstacle) dalam mempelajari materi perbandingan, khususnya yang bersifat epistimologis. Sebagai antisipasi agar learning obstacle yang sama tidak terulang kembali, maka dibuat suatu desain bahan ajar materi perbandingan berbasis pemahaman matematis. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain bahan ajar materi perbandingan  berbasis  pemahaman  matematis.  Desain  bahan  ajar  yang dibuat berupa modul perbandingan untuk kelas VII SMP/MTs. Desain penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  desain  didaktis  (Didactical Design Research) yang memiliki tiga tahapan, namun pada penelitian ini dibatasi hanya dua tahapan yaitu tahap analisis desain didaktis dan tahap metapedadidaktis. Hasil dari penelitian ini, ditemukan empat tipe learning obstacle  dan  modul  yang  disusun  berdasarkan  learning  obstacle  memiliki kriteria sangat valid serta sangat praktis untuk digunakan dalam berbagai aspek.  Dengan  demikian,  desain  bahan  ajar  berupa  modul  perbandingan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan

Website pada Materi Lingkaran dan Bola. Lemma, Vol II No. 1.

Hendriana, H dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.

Bandung: Refika Aditama.

Rosita, dkk. (2014). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Matakuliah Aljabar Linear 1. Jurnal Euclid, Vol.1, No.2.

Sodikin, dkk. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah dan Volume Benda Putar dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal FKIP Unswagati: Tidak Diterbitkan.

Sulistiawati, Suryadi, D., dan Fatimah, S., (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Kreano 6 (2) Hal 135-146. Semarang: UNNES.

Suryadi, Didi. (2013). Didactical Research (DDR) Dalam Mengembangkan

Pembelajaran Matematika. Prosiding. FMIPA UPI.

Valindra, Desi. (2015). Desain Didaktis Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai pada Siswa SMP Ditinjau dari Learning Obstacle dan Learning Trajectory. Skripsi Sarjana di FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EUCLID terindeks oleh Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License