Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing

Ferry Ferdianto, Ghanny Ghanny

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk melihat adanya peningkatan kemampuan pemahaan matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing, dimana pada model pembelajaran ini siswa membuat soal sendiri yang sebelumnya harus menguasai dan memahami terhadap materi yang akan dipertanyakan pada soal. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sumberjaya Kabupaten Majalengka dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini instrumen atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah; (a) Seperangkat Soal, (b) Angket, (c) Pedoman Kriteria Ketuntasan Minimal. Untuk melihat hasil dari penelitian, penulis menganalisis data hasil pretes dan postes siswa diperoleh rata-rata pretes adalah 44,86 dan rata-rata pada postes 74,14. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman matematis siswa melalui pendekatan problem posing dalam penyelesaian soal cerita lebih efektif. Hal ini dibuktikan dengan gain ternormalisasi yang menunjukan bahwa rata-rata gain ternormalisasi ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, siklus II ke siklus III dan pretes ke postes. Hal serupa juga dibuktikan dengan uji signifikansi.

Kata Kunci: problem posing, pemahaman matematis


References


Abdussakir. 2011. Pembelajaran matematika dengan problem posing.Terdapat d i h t t p : / / b l o g . u i n - malang.ac.id/abdussakir/2011/03/04/pembela jaran-matematika-dengan-problem-posing/ (10 Oktober 2011;15:53)

Andriani, D. 2006. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP Negri 12 Bandung. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI. Tidak diterbitkan.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arumsari, D. 2010. Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama. Skripsi pada jurusan matematika FKIP UNSWAGATI. Tidak diterbitkan.

Brown, S. I., Walter, M. I., 2005. The Art Of Problem Posing The Third Edition. Mahwah, New Jersey London: Lawrence

Erlbaum Associates, Publishers.– Christou, C., Mousoulides, N., Pittalis, M., & Pitta-pantazi, D. (n.d.). Problem Solving and Problem Posing in a Dynamic Geometry Environment, 2(2), 125143.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Herdi. 2010. Kemampuan Pemahaman M a t e m a t i s . T e r d a p a t d i http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/ke mampuan-pemahaman-matematis/(20 September 2011)

Meltzer. (2002). gain ternormalisasi. T e r d a p a t d i http://docstoc.com/docs/68059517/normalisa si-homogenitas uji-tvaliditas-teliadilitas- teliasbilitas gain. (10 Oktober 2011)

Muhfida. 2011. Pengertian Pendekatan Problem posing. Terdapat di http://muhfida.com/pengertian-pendekatan- problem-posing/ (10 Oktober 2011; 14:55)

Sagala S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N. 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik. FPMIPA UPI.

Sundari, A. W. 2008. Adaptasi Model Children Learning In Science Pada Pembelajaran Matematika Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitaf Siswa. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI. Tidak diterbitkan.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Menganjar Disekolah. Jakarta PT Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i1.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License