PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Lina Salantina

Sari


Keberhasilan belajar matematika, salah satunya ditentukan oleh minat siswa, dan untuk membangkitkan minat siswa tersebut ditentukan oleh kemampuan guru dalam menggunakan pendekatan mengajarnya yang dapat mengakibatkan siswa lebih tertarik, mengerti, berperan serta aktif, mencari dan menemukan sendiri. Untuk bahan penelitian, pokok bahasan yang diambil adalah perbandingan senilai (seharga) dan perbandingan berbalik nilai (berbalik harga). Dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC),ternyata hasil belajar dapat meningkat bila dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya.Hal ini diduga karena guru kurang tepat dalam mengambil model pembelajaran untuk materi tersebut. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perbandingan.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kuningan tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 18 siswa putri, dan 22 siswa putra. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 3 siklus. Langkah-langkah siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes, penilaian kinerja, dan observasi. Sebagai tolok ukur keberhasilan adalah nilai rata-rata silkus I, II, dan III berturut-turut 63,4, 63,0, 65,6 dan ketuntasan belajar klasikal berturut-turut 72,5%, 67,5%, dan 80,0%.

Simpulan yang dapat peneliti ambil adalah penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Compositon (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar. Sedangkan peneliti menyarankan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran ini untuk pokok-pokok bahasan perbandingan.

Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran Tipe CIRC.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional 2004. Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Edisi 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Karso, dkk. 1993/1994. Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarata: Universitas Terbuka.

Kartini. 2001. Matematika 2 SLTP. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Kurikulum 2004. Pedoman Khusus Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kusumawati, Heny dan Thoyibah Handayani. 2005. Matematika Kelas VII untuk SMP dan MTs. Klaten: Intan Pariwara.

Suherman, Eman. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suherman, Eman. 1994/1995. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyitno, Amin. 2005. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Suyitno, Amin. 2006. Petunjuk Praktis Penelitian Tindakan Kelas untuk Penyusunan Skripsi. FMIPA UNNES.

Winata Putra, Udin S. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EUCLID terindeks oleh Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.