DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS PENALARAN MATEMATIS POKOK BAHASAN BILANGAN KOMPLEKS, FUNGSI KOMPLEKS DAN TRANSFORMASI ELEMENTER

Ika Wahyuni, Nurul Ikhsan Kharimah

Sari


Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah analisis kompleks. Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain bahan ajar Analisis Kompleks materi sistem bilangan kompleks, fungsi kompleks dan transformasi elementer. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat IV C-D Prodi Pendidikan Matematika Unswagati sebanyak 34 mahasiswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan penalaran matematis. Kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan mengerjakan soal-soal kemampuan penalaran matematis pada materi sistem bilangan kompleks adalah kurang teliti dalam pengoperasian bentuk aljabar, tidak memahami konsep dalam sifat-sifat aljabar bilangan kompleks, sifat eksponen bilangan kompleks, fungsi kompleks dan transformasi fungsi kompleks, menggambarkan fungsi kompleks/peta transformasi fungsi kompleks pada bidang kompleks, dan lupa atau salah konsep. Desain bahan ajar disusun berdasakan learning obstacle untuk mengatasi kekeliruan-kekeliruan yang dialami mahasiswa yang divalidasi oleh ahli yang kemudian diimplementasikan. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa setelah bahan ajar diterapkan dengan rata-rata indeks gain dalam kategori sedang.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EUCLID terindeks oleh Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.