PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN ATAS BIAYA BEBAN PEMAKAIAN AIR MINUM AKIBAT KENAIKAN TARIF DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA DARMA AYU

Tri Sahita Sari, Junaedi Junaedi

Sari


Pendistribusian air oleh PDAM Tirta Darma Ayu masih belum maksimal dan belum mencakup ke semua cakupan pelayanan. Hal tersebut sering dieluhkan para konsumen terkait kerugian mereka dalam membayar biaya beban tetap pemakaian air yang setiap bulannya wajib untuk dibayar walaupun konsumen tidak dapat menikmati pendistribusian air bersih dari PDAM. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuisoner dan stuydi pustaka dan metode yang digunakan yaitu paradigma positivisme dengan pendekatan yuridis normatif. Hasil penelitian ini: pertama PDAM Tirta Darma Ayu dalam hal penetapan biaya beban tetap pemakaian air yang seyogyanya merugikan konsumen, dengan adanya kebijakan Perbup Indramayu Nomor 33 Tahun 2017 memberikan perlindungan kepada konsumen dengan memberikan keringanan atas kerugian yang dialami konsumen ; kedua PDAM Tirta Darma Ayu menetapkan Blok konsumsi yang bertujuan untuk menciptakan tarif yang adil melalui pola tingkat pemakaian air oleh setiap konsumen dengan adanya penetapan blok konsumsi tersebut tingkat pemakaian air minum diatas standar kebutuhan pokok dapat dikenakan tarif progresif dalam upaya mendukung kebijakan efisiensi penggunaan air.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acmad Lamo Said, 2015, Coorporate Social Responsbility dalam perspektif Governance, Deepublish, Yogyakarta

Fauzi A, 2006, Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan:Teori dan Aplikasi, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

HAW Widjaja, 2007, Penyelenggaraan Otonomi di Indonesia:Dalam Rangka Sosialisasi UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Indroharto, 1994, Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Jamal Wihoho, 2010, Aspek Hukum Dalam Bisnis, UNS Press, Surakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, 2011, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Mamesa, 1995, Sistem Administrasi Keuangan Daerah, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Rohman, Ahmad Ainur,dkk., 2008, Reformasi Pelayanan Publik, Program Sekolah Demokrasi Bekerja Sama dengan Averrodes Press, Malang.

Sudarminto, 2016, Politik Hukum Pengaturan Pegawai Badan Usama Milik Daerah, Deepublish, Yogyakarta.

Syaiful Sagala, 2009, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Jurnal Hermeneutika: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/HERMENEUTIKA Jurnal Hermeneutika terindeks oleh Google Scholar dan ISJD Copyright © 2017 Pascasarjana.Unswagati.ac.id email : pascaunswagati@16gmail.com dan fhermeneutika@gmail.com All rights reserved. p-ISSN 2337-6368 | e-ISSN 2615-4439