Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Template

Aturan penulisan selengkapnya dapat dilihat dan diunduh melalui tautan template ini. Template tersebut merupakan template baru yang digunakan mulai Vol. 3 tahun 2019, sebelumnya Vol. 1 dan 2 menggunakan template lama. Template JNPM mengalami perubahan karena adanya penambahan DOI dan isi template dibuat lebih informatif pada aturan penulisan dan konten artikel. 

Pedoman Umum dan Layouts

Naskah merupakan naskah asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil penelitian, kajian kepustakaan dan ulasan ilmiah lainnya.

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika.

Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism.

Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 8–15 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1 spasi,  Word tahun 2003 ke atas, Palatino Linotypefont size 12, margin atas, bawah 3 cm dan kanan 2,5cm, dan kiri 4 cm.

Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.
  1. Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 12 kata font size 16, dan harus mencerminkan substansi kependidikan 
  2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan urutan yang sama.
  3. Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal mulai dari prodi, universitas, alamat dan e-mail yang letaknya di bawah nama penulis; jika penulis lebih dari seorang, tuliskan semua alamat e-mail dan beri tanda bintang (*) sebagai email korespondensi.
  4. Abstrak: Panjang abstrak maksimal 200 kata, dalam satu paragraf, dan tidak melebihi 1 halaman. Penulisan menggunakan jenis huruf Palatino Linotype ukuran 11 poin, tidak miring dan tidak tebal, rata kanan-kiri (justify). Pada abstrak tidak menggunakan atau tidak memuat karakter khusus, simbol atau rumus matematika. Abstrak harus jelas, deskriptif dan memberikan gambaran utuh namun singkat tentang masalah yang diteliti. Abstrak harus memuat latar belakang masalah, urgensi penelitian, tujuan, metode dan ringkasan singkat hasil penelitian, dan diakhiri dengan simpulan singkat. Abstrak wajib ditulis dalam Bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan versi Bahasa Inggrisnya setelahnya.
  5. Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan yang terdiri atas beberapa kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Jumlah kata kunci 3-5 kata/kumpulan kata. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan hindari penggunaan singkatan.
  6. Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel terdiri atas pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis yang didasari oleh kajian teori, sub-sub judul yang berisi metode penelitian, asil dan pembahasan, serta simpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan pembahasan (60%), serta kesimpulan (5%). Pembahasan harus merujuk referensi primer dan mutakhir. 

    Pendahuluan ditulis seperti piramida terbalik, berisi pemaparan dari umum ke khusus mengenai pentingnya topik dan masalah yang harus dipecahkan dalam penelitian serta menyampaikan fakta mengenai topik yang dibahas berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang relevan dan mutakhir atau teori yang sudah ada. Selanjutnya, peneliti mengidentifikasi gap antara masalah penelitian dengan fakta yang diperoleh dan memberikan rekomendasi untuk mengisi gap tersebut sehingga muncul keunggulan atau keunikan dari artikel. Pada bagian akhir pendahuluan, disampaikan tujuan dan hipotesis penelitian. Pada bagian ini, penulis merujuk minimal 10 artikel dari jurnal ilmiah dengan kurun waktu publikasi minimal 10 tahun terakhir. Sebagai contoh, misalkan artikel dengan judul “Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika”, Pada bagian pendahuluan dapat dituliskan mengenai Teknologi dan Pendidikan (paragraf pertama dan kedua dilengkapi dengan rujukan), Game Edukasi (paragraf ketiga dan keempat dilengkapi dengan rujukan), GameAndroid (paragraf kelima mengidentifikasi penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dan mutakhir dari artikel jurnal nasional atau internasional sehingga memunculkan gap penelitian), RPG (paragraph keenam memunculkan keunggulan dan keunikan artikel), dan tujuan penelitian (sebagai penutup pendahuluan). 

    Metode menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan selama penelitian. Pada bagian ini, tidak dibenarkan untuk menuliskan definisi dari istilah yang sudah umum diketahui (Contoh: Valid, Instrumen, Sampel, dsb). Perlu diperhatikan bahwa untuk artikel hasil penelitian maka metode penelitian harus dikemukakan dengan jelas meliputi proses dan rinciannya. Metode penelitian memuat tempat, subjek penelitian, deskripsi cara memperoleh data yang disertai dengan penjelasan serta metode yang digunakan dalam menganalisis data. 

    Hasil dan pembahasan merupakan inti dari sebuah artikel, ditulis tidak terpisah dan dituliskan secara jelas dan memenuhi aspek scientific merit (unsur what/how?, why?, dan what else?Paparkan data yang telah diperoleh secara jelas dan ringkas, dapat berupa tabel, gambar atau diagram. Pada bagian pembahasan, penulis harus mengaitkan dengan cara melakukan pembandingan hasil penelitian dengan teori atau penelitian lain yang relevan dan mutakhir. Paparkan pembahasan sesuai dengan urutan tujuan penelitian. Apabila hasil penelitian berbeda dengan penelitian lain yang relevan, penulis perlu untuk memaparkan mengapa hal tersebut terjadi. 

    Simpulan ditulis singkat, padat dan menjawab tujuan dari artikel dan dapat disertai dengan rekomendasi penelitian, simpulan ditulis dengan paragraf, tidak dengan nomor.

  7. Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber. Ucapan terima kasih bersifat optional, dapat dituliskan ataupun tidak.
  8. Daftar Pustaka: mengunakan minimal 15 rujukan dari sumber primer (jurnal nasional dan/atau internasional yang relevan dan mutakhir diatas tahun 2010) untuk menegaskan kontribusi berkualitas tinggi bagi pengembangan pengetahuan dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Kutipan dan rujukan harus benar-benar mengikuti gaya APA (American Psychological Association). Gaya APA dapat dilihat di http://www.apastyle.org/pubmanual.html. Penulisan kutipan dan rujukan juga disarankan menggunakan aplikasi mendeley (https://www.mendeley.com/). Tidak dibenarkan merujuk dari website, blog dan sejenisnya. 

Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun. Contoh: (Delima, 2012), atau Delima (2012). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Noto (Hartono, 2012). Penulisan daftar pustaka menggunakan jenis huruf Palatino Linotype 12 pt dengan spasi 1, ditulis urut abjad dan baris kedua menjorok 1 cm dari baris pertama, dengan aturan penulisan sumber kepustakaan seperti buku dan berkala ilmiah sesuai contoh di bawah ini.

Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of                        Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Berikut ini adalah cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber.

Buku Penulis tunggal

Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Buku Penulis dua atau tiga

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Buku Penulis berupa tim atau lembaga

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and Statistical manual of mental disorders 4th ed. Washington DC: Author.

Buku Bukan edisi pertama

Mitchell, T.R., & Larson, J.R. (1987). People in Organizations: An Introduction to Organizational Behavior 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Buku berseri/multi volume (editor sebagai penulis)

Koch, S. (Ed,). (1959-1963). Psychology: A Study of Science (Vol. 1-6). New York: McGraw-Hill.

Buku Terjemahan

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaa, Implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah). Jakarta: Prehanlindo.

Artikel (bab) dalam buku yang diedit

Eiser, S., Redpath, A., & Roges, N. (1987). Outcomes of Early Parenting: Knowns and Unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). logical thingking in children (pp.58-57). New York: Springer.

Makalah seminar, konferensi, dan sjenisnya

Crespo, C,J. (1998). Update on National Data on Asthma. Paper presented at the meeting of the National Asthma Education and Preventation Program, March. New York: Springer.

Artikel Jurnal

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Artikel majalah

Greenberg, G. (2001, August 13). As Good as Dead: Is There Really Such a Thing as Brain Death?. New York Bulletin, 36-41.

Resensi buku dalam jurnal

Grabill, C. M., & Kaslow, N. J. (1999). Anounce of prevention: improving children’s mental health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention with children and adolescents]. Journal of Clinica Child Psychology, Vol.1 (28), 115-116.

Dokumen

NAACP (1999). Calls for Presidential Order to Halt Police Brutality Crisis. Amerika: NCTM.

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

Internet
OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? (online), (http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.), diakses 26 Maret 2012.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Panjang naskah antara 10 – 15 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1 spasi,  Palatino Linotypefont size 12, margin atas bawah 3 cm dan kanan 2,5cm, dan kiri 4 cm, dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.