Hubungan Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa

Yaya Setiadi

Sari


Abstrak.  Cukup tingginya angka persentase Drop Qut (DO) pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)  Jakarta menjadi sebab penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkap dan menguji hubungan antara konsep diri, kecerdasan emosional, dan kecemasan dengan prestasi belajar mata kuliah Statistika mahasiswa STIS Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di kampus STIS dengan metode penelitian Survey menggunakan  analisis regresi  dan korelasi linier ganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang cukup kuat (0,390) antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Statistika, namun demikian hubungan antara Kecemasan  dengan Prestasi Belajar Statistika adalah  kuat negatif (-0,698), sedangkan hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Statistika adalah lemah (0,321). (2) Kontribusi Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan terhadap Prestasi Belajar Statistika secara bersama-sama adalah sebesar 59,50 persen. Dengan demikian tinggi rendahnya Prestasi Belajar Statistika mahasiswa STIS ditentukan oleh ketiga variabel tersebut, yaitu Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan.

Kata kunci: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, Kecemasan, Prestasi Belajar.

Abstract. Quite high percentage of Drop Qut (DO) on students of Jakarta High School of Statistics (STIS) became the reason the authors conducted a study that aims to reveal and examine the relationship between self-concept, emotional intelligence, and anxiety with the achievement of STIS Jakarta Statistics teachings 2016/2017. The study was conducted on campus STIS with Survey research method using multiple linear regression and correlation analysis. (1) There is a strong relation (0.390) between Self Concept and Achievement of Statistics Learning, however the relationship between Anxiety with Statistics Learning Achievement is strong negative (-0.698), while the relationship between Emotional Intelligence with Learning Achievement Statistics are weak (0.321). (2) The contribution of Self Concept, Emotional Intelligence, and Anxiety to Learning Achievement Statistics jointly amounted to 59.50 percent. Thus the high level of STIS Student Learning Achievement is determined by the three variables, namely Self Concept, Emotional Intelligence, and Anxiety.

Keywords: Self Concept, Emotional Intelligence, Anxiety, Learning Achievement


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asra, Abuzar; Rudiansyah.(2013). Statistika Terapan. Jakarta: Inmedia.

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ. Bandung: Alfabeta.

Gujarati, Damodar. (2015). “Dasar-dasar Ekonometrika”. (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Murwani, R. Santosa. (2012). “Statistika Terapan (Teknik Analisis Data)”.). Jakarta: UHAMKA.

Martati, Dwi dan Kumara, Amitya, 2007.“Kecemasan Menghadapi Ujian Akhir Sekolah, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Akhir Sekolah 2006/2007 di SMPN 08 Yogyakarta”. [Tesis]. Universitas Gadjah Mada.

Melandy, Rissyo dan Aziza, Nurna. (2006). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntasi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi”, Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Munajat, Nur dan Gandi Wirawan, Yapsir. (2006). “Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Konsep Diri Akademik, Motivasi Belajar, dan Latar Belakang Pendidikan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga”. [Tesis]. Universitas Gadjah Mada.

Santoso, Singgih. (2004). Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex media Komputindo.

Supranto, J. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi. Jilid Satu, Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

STIS. (2010). Rencana Strategis Sekolah Tinggi Ilmu Statistik 2010-2014. Jakarta: STIS.

Walpole, R.E. (1995). Pengantar Statistika Edisi ke 3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

 

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937