KETRAMPILAN BERTANYA DAN SELF CONFIDENCE MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO

Neneng Aminah, Irmawati Liliana Kusuma Dewi, Dina Pratiwi Dwi Santi

Sari


Penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa tingkat tiga program studi Pendidikan Matematika memiliki permasalahan pada saat persiapan pelaksanaan program PPL. Pada observasi awal masih banyak mahasiswa yang tidak memiliki kepercayaan diri ketika diberikan peluang untuk mengajar di tingkat Sekolah Menangah Atas. Meskipun berbagai upaya dilakukan seorang dosen guna meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa pada perkuliahan pembelajaran mikro. Dengan demikian, penelitian ini memiliki rumusan masalah yakni menganalisa self confidence dan keterampilan bertanya mahasiswa pada perkuliahan pembelajaran mikro. Adapun metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif karena relevan dilihat dari proses awal penelitian hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : 1) kemampuan mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan tingkat dasar tergolong pada kategori sangat baik hal ini dibuktikan hampir keseluruhan mahasiswa mampu melakukan keterampilan ini, sedangkan kerampilan bertanya lanjut masih 70% mahasiswa  melakukannya sisanya belum melakukan.   2) terdapat hubungan yang kuat antara self confidence dengan keterampilan bertanya pada perkuliahan pembelajaran mikro. 

 

Kata Kunci. Pembelajaran mikro, keterampilan bertanya, self confidence.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, N. (2014) Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Jurnal Euclid Vol. 1 No. 1, 55-59.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Tim Penulis.

Bandura (2010), Social Cignitive Theory. Annu.Rev.Psycology.2010.52: 1-26.

Molloy, A. (2010) Couch Your Self Mimpi Tercapai, Target Terpenuhi (Terjemahan Retnaldy Nuraini dari Aspiration: 8 Easy Steps to Coach Yourself to Succes), Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wardani, IGAK. (2005). Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Zimmerman, B.J. Bonner, S. & Kovach, R (1996), Developing Self Regulated Learner Beyond Achievement to Self-Efficacy. (Psycology in the Classroom). USA: American Psycological Assosiation.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.258

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.