PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY MAHASISWA CALON GURU

Ratna Sariningsih, Ratni Purwasih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy mahasiswa calon guru melalui pembelajaran problem based learning (PBL). Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretset-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah kapita selekta matematika. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah aljabar umum  menengah pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas, yaitu: A1 A2 dan A3. Sampel penelitian dipilih 2 kelas dari populasi penelitian, terpilih kelas A1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 35 orang mahasiswa dan kelas A3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 34 orang mahasiswa. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling karena semua kelas memiliki karakteristik dan kemampuan akademik yang setara. Analisis data dilakukan terhadap gain hasil tes kemampuan mahasiswa mata kuliah aljabar umum. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes, non tes dan skala self efficacy. Analisis penelitian menggunakan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian didapat kesimpulan: (i) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang mendapat pembelajaran PBL lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran ekspositori (ii) self efficacy matematik mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan PBL lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan ekspositori.

 

Kata Kunci: Pembelajaran PBL, Self Efficacy, Pemecahan Masalah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandura, A. (1994). Self efficacy: Dalam V.S Ramachaudran (ed), Encyclopedia Of Human Behavior, Vol. 4. New York: Academic Press. [online]. Tersedia: http://www.des.emory.edu/mfb/BanEncy.html (10 November 2016).

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept.of Physics Indiana University. Diunduh dari http://www.physics.indiana.edu [ONLINE] tanggal 23 Desember 2016.

Izzati, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun RPP melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Jurnal Euclid, Vol.4 No. 1, pp. 659. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon.

James and James, V. (1976). Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold.

Mareta, Y. dan Kusumawati. (2014). Pendekatan Hands on Actifity melalui Modified Inquiry untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas XI SMAN TUBAN Pada Materi Pokok Laju Reaksi. Electronic Journal : Universitas NegeriSurabaya.Tersedia:http://www.scribd.com/doc/203325212/Pendekatan-Hands-On-Activity-Melaui-Modified-Inquiry-Untuk-Meningkatkan-Self-Efficacy-Siswa-Kelas-XISMAN-1-Tuban-Pada-Materi-Pokok-Laju-Reaksi-Hands. [ 6 Juli].

Majidah, et.al. (2013). Korelasi Antara Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia Di SMA. Jurnal Pendidikan. Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3319/3336 (8 Agustus 2015).

Litbang. (2013). IPM Indonesia Naik Peringkat. [Online]. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/indexberitabulanan/2013/home22/47ipmindonesianaikperingkat?tmpl=component&print=1&layout=default&page [11 April 2016].

Pajares, F., Miller (1996). Self-efficacy beliefs and Mathematical Problem-Solving of Gifted Students. Contemporary Educational psychology, Vol. 21, No. 0025. 325-344. EmoryUniversity.

Russefendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khusunya dalam Pelajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Diklat.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. UPI Bandung: JICA.

Sumarmo, U (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. STKIP Siliwangi Bandung : tidak diterbitkan.

Wahyuni. (2016). Perbandingan Kemampuan Koneksi Siswa SMP yang Pembelajarannya Menggunakan Model Discovery Learning dengan Model Model Based Learning. Tesis.STKIP SILIWANGI. Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.