Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri Berdasarkan Dimensi Pengetahuan Krathwohl

Wahyu Hidayat, Usman Aripin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendskripsikan factor-faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berdasarkan dimensi pengetahuan Krathwohl. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 29 orang mahasiswa program studi pendidikan matematika IKIP Siliwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan pada dimensi faktual kesalahan terjadi karena kurang hafal rumus-rumus trigonometri yang ada dan sering mengabaikan hal-hal kecil seperti penulisan sudut, satuan sudut dan sebagainya. Pada dimensi konseptual, kesalahan terjadi karena keliru dalam menafsirkan permasalahan dan kurang memahami makna esensial dari setiap konsep trigonometri. Selanjutnya, pada dimensi prosedural, kesalahan terjadi karena kurang teliti dan ceroboh dalam perhitungan dan kurang memahami algoritma perhitungan. Terakhir, pada dimensi metakognitif, kesalahan terjadi karena kurangnya memahami karakteristik setiap rumus dan belum mampu menggunakan pengetahuannya untuk memilih konsep yang tepat untuk menyelesaikan soal. Identifikasi ini dapat digunakan oleh guru untuk membuat rencana pembelajaran dengan memperhatikan keempat dimensi tersebut.

Kata Kunci: Dimensi Pengetahuan Krathwohl, Identifikasi Kesalahan Siswa, Trigonometri.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 183-196.

Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, I. M. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 207-220.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. EDUMATICA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 25-32.

Fatimah, A. T., Amam, A., & Effendi, A. (2017). Konstruksi Pengetahuan Trigonometri Kelas X Melalui Geogebra dan LKPD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 178-188.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(2), 98-117.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242-252.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2020). Profil Kemampuan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 6(1), 108-127.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau Dari Gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy: an Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212-218.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 1-16.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34-44.

Rumasoreng, M. I., & Sugiman, S. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22-34.

Salmina, M. (2017). Analisis Kekeliruan dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Numeracy Journal, 4(2), 67-70.

Subroto, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120.

Syahran, S. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Alangka Raya. Jurnal Pendidikan, 20(1), 35-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.3316

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.