Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran

Rahmi Fitri

Sari


Abstrak. Penelitian ini berawal dari kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas peserta didik yang  masih rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika tersebut disebabkan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas peserta didik. Proses pembelajaran belum mendukung aktivitas peserta didik serta belum mampu membantu peserta didik untuk membangun dan mengembangkan pengetahuannya dalam menemukan sendiri prinsip/prosedur matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses pengembangan dan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas peserta didik kelas XI SMA. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Model  pengembangan Plomp ini terdiri atas tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan prototipe dan fase penilaian. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh RPP dan LKPD matematika berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas XI SMA yang valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Konstruktivisme, Pemahaman Konsep

Abstract. This research was begin from the students’ ability of understanding the concept of mathematics was still low. The lack of students’ understanding of the concept of mathematics caused the learning equipment  to support students’ understanding of the mathematics concept and their activities was not available yet. The learning process did not support the student’s activities yet and not able to help the students to built and develop their knowledge to find the prinsiple/procedure of mathematics by theirself. The objective of this research was to reveal the process of the development lesson plan and students’ worksheet based on the valid, practical and effective constructivism approachment in improving the students’ ability to understanding the concept of mathematics and their activities in eleventh grade of senior high school. This research was using Plomp model development. The model development of Plomp consist of three phase namely initial investigation phase, development prototype phase and assessment phase. Based on the  development had done, the research obtained that lesson plan and students’ worksheet based on the valid, practical and effective constructivism approachment to eleventh grade of senior high school.

Keyword. Lesson Plan, Students’ Worksheet, Constructivism Approachment, Understanding of Concept.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiningsih, C. A. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, H. (1998). Pembelajaran Matematika Menurut Pandangan Konstruktivistik. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Upaya Meningkatkan PeranPendidikan Matematika dalam Menghadapi Era Globalisasi . PPS IKIP Malang: Tidak diterbitkan.

Ishana, M. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme untuk Materi Perbandingan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. STKIP PGRI SUMBAR.

Nizarwati, Hartono. Y dan Aisyah. N. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme untuk Mengajarkan Konsep Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 2.

Marsitin, R. (2013). Pendekatan Konstruktivisme pada Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Vol 3, No 1.

Monoranjan, B. (2015). Constructivism Approach in Mathematics Teaching and Assessment of Mathematical Understanding.Basic Research Journal of Education Research and Review. Vol. 4(1) hal. 08-12.

Ompusunggu, V. D. K. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Saintech. Vol.06 No. 04.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rusnita, D. 2013. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Melalui LKS Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 08 Kepahiang Tahun 2013. J-TEQIP. Vol. V, No. 1.

Sa’dijah, C. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU) Vol. 2(1), Hal. 111-122. Surabaya: PPs UNESA.

Sopamena, P. (2009). Konstruktivisme dalam Pendidikan Matematika. Horizon Pendidikan. Vol. 4, No. 1.

Susanti, E. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X MIA 2 MAN 2 MODEL Pekanbaru Melalui Penerapan Discovery Learning. Pekanbaru: Universitas Riau.

Surmilasari, N. (2010). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Konstruktivisme untuk Pembelajaran Materi Perkalian Dua Matriks di Kelas XII SMA.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tanggal 10 November 2012. Hal. 8-7.

Tapilouw, M. (2010). Pembelajaran Matematika Bermuatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 15, No. 2.

Yusuf, Y dan Rosita, N. T. (2016). Penggunaan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Symmetry : Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Vol. 1, No. 1.

Zain, S. F. H. S, Rasidi, F. E. M dan Abidin, I. I. Z. (2012). Student-Centered Learning In Mathematics Constructivism In The Classroom. Journal of International Education Research – Fourth Quarter 2012. Vol 8, No 4.

Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika Republik Indonesia. (Online), http://pmri.or.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2016.


Refbacks



Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

 

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937