Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika

Ferry Ferdianto, Setiyani Setiyani

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan materi ajar media pembelajaran berdasarkan kearifan lokal, dan (2) mengetahui kualitas dan kelayakan bahan ajar berbasis ahli material, pakar media, peer reviewer, dalam hal ini adalah dosen media/multimedia belajar matematika. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, dalam penelitian ini adalah memodifikasi dari model yang dikenal dengan Model 4D. Modifikasi yang dilakukan adalah penyederhanaan model dari empat tahap menjadi tiga tahap, yaitu: (1) Define, (2) Design, dan (3) Develop. Tahap penyebaran terbatas pada lokasi penelitian, hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu peneliti. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi bahan ajar dan teknik analisis data dilakukan dengan cara kualitatif dengan metode deskriptif. Melalui proses pengembangan penelitian diperoleh alat pembelajaran matematika dalam bentuk modul media berdasarkan kearifan lokal yang valid yaitu 74,67.

Kata kunci: Pengembangan Modul, Kearifan Lokal, Bahan Ajar

 

Abstract. The existing teaching materials or learning media have not adequately integrated, explored the values of local wisdom, although they have met some of the eligibility criteria of the textbook, that is, the content of the content, presentation, language, and the feasibility of the graphics. However, the material still has not raised the richness of local culture. The purpose of this research is (1) to develop teaching materials of learning media based on local wisdom, and (2) to know the quality and feasibility of teaching materials based on material expert, media expert, peer reviewer, in this case is lecturer of media / multimedia learning mathematics. The research method used is experimental method with development model, development model used to develop learning device, in this research is to modify from model known as Four-D Model. Modifications made are simplification of the model from four stages into three stages, namely: (1) Define, (2) Design, and (3) Develope. The deployment stage is limited to the research site, this is done because of the limited time of the researcher. Through the process of development research obtained by learning tools of mathematics in the form of a media module based on valid local wisdom of 74.67.

Keywords : Module’s Development, Local Wisdom, Teaching Materials

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S.2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hartono, W dan Noto, M.S. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Penemuan terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Pad Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 2 Hal. 320-333.

Irianto, A. M. 2009. Mahasiswa dan Kearifan Lokal. Diakses dari http://staff.undip.ac.id/sastra/agusmaladi, tanggal 10 Oktober 2017.

Muchayat. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP Volume 1, No. 2, Desember 2011. Pp 200-208.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

 

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937