Kontribusi Mathematics Anxiety terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Pembelajaran Kalkulus

Rifqi Hidayat

Sari


Penelitian ini mengkaji hubungan antara mathematics anxiety dengan kemampuan akademik mahasiswa tingkat awal. Penelitian ini didasari oleh performa sebagian besar mahasiswa awal program studi pendidikan matematika masih merasa cemas ketika berhadapan dengan persoalan matematika dalam pembelajaran kalkulus diferensial. Sehingga ketika pembelajaran berlangsung maupun ketika menghadapi persoalan kalkulus, muncul ketidaknyamanan yang dirasakan oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi, Metode ini digunakan untuk melihat seberapa kuat dan seberapa besar pengaruh mathematics anxiety terhadap kemampuan akademik mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika tahun akademik 2016/2017 di FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 20 mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Kalkulus Diferensial. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala mathematics anxiety. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara mathematics anxiety dengan kemampuan akademik mahasiswa, serta mathematics anxiety memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap kemampuan akademik mahasiswa, dan 65% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Kata kunci: Kontribusi, Mathematics Anxiety dan Kemampuan Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, I. W. 2011. Pengaruh Kecemasan (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Sekolah Pascasarjana UPI Bandung. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Anggreini, T. 2010. Hubungan antara Kecemasan dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika dengan Prestasi Akademik Matematika pada Remaja. Dilihat 15 September 2017, http://www.gunadarma.ac.id/library /articles/graduate/psychology/2010/Artikel_10505235.pdf

Ashcraft, M.H. 2002. “Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences”. Directions in Psychological Science. 11.

Djiwandono dan Wuryani, S., E. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Ekawati, A. 2015. Pengaruh Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1, No. 3, September-Desember 2015, ISSN 2442-3041

Ghufron, N dan Risnawati, R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mathison, M. 1977. Curricular interventions and programminginnovations for the reduction of mathematics anxiety.

Retrieved on October 1, 2001 from ERIC database (#ED154430).

Plaisance, D.V. 2009. “Mathematics Anxiety of Preservice Elementary Teachers After Completing a Problem Solving Course”.

Louisiana Association of Teachers (LATM) Journal, 5, (1).

Singgih, dan Yulia. 2012. Psikologi Perawatan. Jakarta: Libri.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata, N., S. 2005. Landasan sikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yuliana. (2013). Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction (DI) Terhadap Kemampuan Pemahaman, Penalaran,dan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Siswa SMK. Sekolah Pascasarjana UPI Bandung. Tesis. Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jnpm.v2i2.847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.