Kemampuan Mengidentifikasi Kecukupan Data pada Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa MTs

Harry Dwi Putra, Astriana Putri, Adiska Nadiyah Lathifah, Chintya Zulvi Mustika

Sari


ABSTRAK. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dilatih dan dikembangkan pada siswa. Salah satu aspek dari berpikir kritis adalah memeriksa kecukupan data pada masalah matematika. Keyakinan diri atau self-efficacy dalam matematika juga perlu dimiliki siswa untuk memperoleh jawaban yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kecukupan data terhadap soal sistem persamaan linear dua variabel dan self-efficacy mereka terhadap matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran sebenarnya terhadap kemampuan siswa ketika menjawab soal dan self-efficacy yang dimiliki siswa setelah menjawab soal. Instrumen yang digunakan adalah tes, skala self-efficacy, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kecukupan data pada soal sistem persamaan linear dua variabel masih rendah, lebih dari setengah siswa memperoleh skor dengan kriteria tidak baik. Siswa kesulitan menjawab soal karena tidak terbiasa mengerjakan soal, tidak fokus pada pertanyaan, dan kemampuan operasi pembagian yang tidak baik sehingga banyak memperoleh hasil yang tidak tepat. Siswa memiliki keyakinan diri yang baik. Sebagian besar siswa setuju terhadap semua aspek self-efficacy. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara skor tes dengan self-efficacy siswa. Hubungan yang terjadi berlawanan arah, skor tes yang rendah tidak menyebabkan keyakinan diri siswa menjadi tidak baik.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Mengidentifikasi Kecukupan Data pada Masalah Matematika, Self-Efficacy.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faiz, F. (2012). Thinking Skill: Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Yogyakarta: Suka Press.

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 115-127.

Hidajat, F. A., Parta, I. N., & Muksar, M. (2016). Identifikasi Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X IPA-6 SMAK Santo Albertus Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 100-110.

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Forum Pendidikan, 28(2), 136-142.

Maddux, J. E. (1995). Sefl-Efficacy, Adaptation, and Adjustment: Theory, Research, and Application. New York: Plenum Press.

Nurwidawati, D. (2013). Hubungan Sefl Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Jurnal Character, 1(2), 1-5.

Putra, H. D. (2014). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa MTs Asy Syifa Kelas IX Berdasarkan Teori Piaget. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2, pp. 224-230. Cimahi: STKIP Siliwangi.

Putra, H. D., Herman, T., & Sumarmo, U. (2017). Development of Student Worksheets to Improve the Ability of Mathematical Problem Posing. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 1-10.

Ruseffendi, H. E. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Tjiong, Y. W. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy dan Pengambilan Keputusan Berkuliah di Lain Kota. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-16.

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10.

Windarto, Pardjono, & Widodo, N. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skill dan Hard Skill untuk Siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 31(3), 409-423.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

 

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937