Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta

Nuk Tohul Huda

Sari


Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan bagian dari tanah jawa yang sangat kental dengan berbagai tradisi atau kebudayaan. Makanan tradisional seperti Jajanan pasar adalah salah satu syarat yang biasanya digunakan dalam prosesi tradisi tersebut. Misalnya sesaji, prosesi pernikahan, orang meninggal, grebeg maulud tidak terlepas dari unsur makanan tradisional dengan berbagai filosofis dan pemaknaan simboliknya. Jajanan pasar adalah makanan tradisional yang kita jumpai di pasar-pasar tradisional dan merupakan makanan warisan para leluhur, tetapi saat ini sudah berkembang menjadi makanan ciri khas yang dapat juga kita jumpai dipusat perbelanjaan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk geometri dalam aneka jajanan pasar tersebut serta unsur-unsur matematis terkait dengan. Menggunakan pendekatan etnomatematika peneliti melakukan eksplorasi dan mengelompokkan aneka bentuk jajanan pasar berdasarkan unsur bangun datar dan bangun ruang pada materi SD maupun SMP. Penelitian ini berbentuk dekriptif kualitatif. Poses pengambilan data dilakukan dengan kajian literatur, studi lapangan dan juga wawancara dengan beberapa sumber terkait. Untuk mengetahui berbagai jenis makanan apa saja yang biasa digunakan dalam setiap upacara-upacara kebudayaan yang ada di Yogyakarta. Kemudian dikelompokkan berdasarkan bentuk geometris dan dianalisis.Unsur-unsur matematis yang ditemukan dalam penelitian ini cukup banyak secara geometris ditemukan bentuk bidang datar segi empat, lingkaran, segitiga, trapezium, elips, sedangkan untuk bangun ruang ditemukan diantaranya bentuk bola, silinder, balok, kerucut. Secara ekonomis berdasarkan proses pembuatan dan penjualannya juga ditemukan bentuk matematis model matematika persamaan linear 2 dan 3 variabel. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat bagi pembelajaran kontekstual dan digunakan sebagai contoh penggunaan konsep matematika dalam berbagai kehidupan disekitar kita.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, W. U. ( 2016). Pengembangan Ensiklopedi Makanan Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi, PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Amelia, Y. (2016). Studi Eksplorasi Etnomatematika pada Lingko Lodok dalam Budaya Masyarakat Manggarai, Skripsi FKIP USD Yogyakarta.

Arum, K. (2013). Penggunaan Istilah Makanan dan Jajanan Tradisional pada Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi, Publika Budaya Volume 1(1), Fakultas Sastra Universitas Jember Jawa Timur.

Bishop, Alan J. 1988. Mathematical Enculturation: a cultural perspective on Mathematics Education, D. Reidel Publising Company, Dordrecht, Holand. http://www.csus.edu/indiv/o/oreyd/acp.htm_ files/abishop.htm,diakses pada 19 November 2017.

Cristi, M. (2016). Desain Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Nilai Tempat kelas 2 SD. Jurnal LEMMA Vol III No. 1, STKIP PGRI Sumatera Barat.

D’Ambrosio, U dan Rosa, M. (2008). A. dialogeu with ubiratan D’Ambrosio:a Brazilian conversation about ethnomathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematica, Vol I No. 2.88-110.

David Slamet, S. (2015). Studi Etnomatematika Kraton Yogyakarta, Penelitian Ilmu Pendidikan, PPS UNY Yogyakarta.

Gerdes, P. (1988). On culture, geometrical thinking and mathematics education. Educational studies in mathematics. 19(3):13-162.

Hiebert,J.&Carpenter, T.P.(1992). Learning with understading. Dalam D.G. Grouws(Ed),Handbook of research on mathematics reaching andlearning. New York:Macmillan.

Herusatata dan Budiono, (1984). Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita

http://candracahyono.blogspot.com/2012/11/pengertian-budaya-jawa.html

Koentjaraningrat, (1980). Sejarah Teori Antropologi 1. Jakarta:UI Press

Marzuki. (2015). Tradisi dan Budaya Masyarakat Jawa dalam Perspektif Islam, Jurnal FIS UNY Yogyakarta.

Nanik, H. (2012). Kearifan Lokal Bagian Budaya Jawa, Jounal Magistra ISSN 0215-9511, FKIP UNWIDHA Klaten.

Pujiati dan Sigit. (2009). Pembelajaran Pengukuran luas bangun datar dan Volum bangun ruang di SD, Modul Matematika SD Bermutu, PPPPTK Yogyakarta.

Yoanna, K. ( 2017). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Pernikahan Yogyakarta oleh Masyarakat di Kecamatan Minggir Sleman Yogyakarta dalam rangka Penentuan aspek-aspek Matematis yang dapat digunakan dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Thesis FKIP USD Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jnpm.v2i2.870

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.