Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika

Surya Amami Pramuditya, Muchamad Subali Noto, Henri Purwono

Sari


Penggunaan media pembelajaran di sekolah belum dimaksimalkan. Media pembelajaran belum banyak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas ataupun pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi yang valid dan praktis sebagai media pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dibatasi hanya sampai tahap ADD. Jenis game yang dibuat adalah game bergaya RPG (Role Play Game). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Data yang didapat diolah dengan cara statistika deskriptif. Game edukasi matematika berbasis android dibuat melalui tahapan analisis untuk mengetahui kebutuhan siswa. Pada tahapan desain dilakukan pemilihan format media, dan perancangan media. Pada tahap pengembangan dilakukan prngembangan game sebagai media. Hasil yang didapat game edukasi sangat valid dengan rata-rata penilaian sebesar 93,76% dari jumlah nilai keseluruhan validator. Game edukasi matematika berbasis android yang dibuat juga sangat praktis. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata presentase untuk siswa dengan tingkatan kemampuan tinggi sebesar 94,8%, siswa dengan tingkatan kemampuan sedang sebesar 94,2%, dan siswa dengan tingkatan kemampuan rendah sebesar 92,2%. Dalam proses pembelajaran game edukasi yang dibuat tidak dapat menggantikan posisi guru dan buku. Buku tetap menjadi sumber utama belajar, dan game edukasi hanya sebagai pelengkap dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Media, Game Edukasi, RPG, Logika Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Branch, R.M. 2011. Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer.

Koriaty, S & Agustani, M. D. 2016.Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Ponitianak. Jurnal Edukasi. 14(2).

Nikensasi, P., Kuswardayan, I. dan Sunaryono, D. 2012. Rancang Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika dengan Memanfaatkan Accelorometer dan Physics Engine Box2d pada Android. Jurnal Teknik ITS, 1(1), 255-260.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. 2017. Game Edukasi RPG Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 6(1).

Sari dkk. 2014. Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Play Game Pada materi Struktur Atom Sebagai Media Pemebelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(2).

Widiastuti, N. I. dan Setiawan, I. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisngo. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 2(1), 41-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jnpm.v2i2.919

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSNĀ 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.