Efektifitas Pembelajaran Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Nina Sri Romdiani, Puji Lestari

Sari


Metode pembelajaran dengan media kartu telah banyak digunakan sebagai salah satu metode yang cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dua diantaranya adalah metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan metode Question Student Have (QSH). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas metode pembelajaran GQGA dan QSH dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Tarogong Kidul Kabupaten Garut dengan sampel berjumlah 62 siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the statistic group pretest-posttest. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diberikan metode GQGA dan QSH, yaitu peningkatan kemampuan matematis siswa yang diberikan metode GQGA lebih baik daripada siswa yang diberikan metode QSH. Uji efek size juga dilakukan untuk mengukur efektifitas dari pembelajaran yang diberikan dan hasilnya menunjukkan bahwa efektifitas berada pada kategori sedang. Ini berarti pemanfaatan media kartu dalam pembelajaran cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Kata Kunci. Pemahaman Matematis, Metode GQGA, Metode QSH.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Becker, L.A. (2000). Effect Size (ES).

Copley, J. (2008). Teaching for Conceptual Understanding: Exciting Mathematics. Scott Foresman-Addison Wesley:enVisionMATH

Dimyati, dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Milati, N. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Question Student Have untuk Meningkatkan Perhatian Siswa dalam Pembelajaran Matematika PTK. Skripsi pada Program Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: tidak diterbitkan. [online]. Tersedia: repository.uinjkt.ac.id>dspace>bitstream.

Soemarmo, U dan Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jnpm.v2i2.984

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman JNPM: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM

JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, Sinta, Moraref, Base, dan Academickeys

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSNĀ 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.