KOMUNIKASI PERTANIAN PADA ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI (Kasus Di Gapoktan Nyi Mas Baduran di Desa Suranenggala Kulon Kecamatan Suranenggala Kab.Cirebon)

Achmad Faqih

Sari


63
KOMUNIKASI PERTANIAN PADA ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI
(Kasus Di Gapoktan Nyi Mas Baduran di Desa Suranenggala Kulon Kecamatan Suranenggala
Kab.Cirebon)
Ahmad Faqih
Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian
Universitas Swadaya Gunung Djati
Email : afaqih39@yahoo.com
ABSTRAK
Komunikasi merupakan hal terpenting dalam suatu kegiatan penyuluhan agar terciptanya kondisi
yang diharapkan dari kegiatan penyuluhan tersebut, dalam proses penyuluhan dibutuhkan keahlian dan
keterampilan berkomunikasi bagi seorang penyuluh dalam mensosialisasikan program-program yang
ingin dijalankan. Para pelaku penyuluhan dituntut bekerja keras dan peka terhadap masyarakat. Tujuan
utama dari penyelenggaraan penyuluhan adalah bagaimana menanamkan pada diri masyarakat agar
dapat mandiri dan berani mencoba sesuatu yang baru tanpa harus terpaku pada pengetahuan dan
pengalaman yang didapat dari orang tua atau masyarakat sekitar sehingga dapat menghapuskan rasa
ketergantungan kepada pelaksana penyuluhan selaku pembimbing.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh bentuk komunikasi interpersonal,
komunikasi kelompok dan komunikasi massa yang dilakukan oleh penyuluh pertanian terhadap tingkat
adopsi inovasi teknologi pascapanen. (2) Untuk mengetahui bentuk komunikasi penyuluhan pertanian
yang tepat agar tercapainya adopsi inovasi teknologi pascpapanen
Penelitian ini dilaksanakan di Gapoktan Nyi Mas Baduran di Desa Suranenggala Kulon
Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2017
sampai Februari 2018. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif
dengan teknik survey. Teknis pengumpulan data yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara
dan kuesioner, dan data sekunder yang diperoleh dari data yang diperoleh dari studi kepustakaan dan
data dari instansi atau lembaga yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil analisis regresi linier berganda (1) Variabel Komunikasi Interpersonal berpengaruh nyata
terhadap tingkat adopsi inovasi teknologi pascapanen, dengan hasil uji regresi linier berganda yang
memiliki nilai sig = 0,002 yang artinya 0,002 < 0,05 dan mempunyai nilai B = 0,691. (2) Variabel
Komunikasi kelompok berpengaruh nyata terhadap tingkat adopsi inovasi teknologi pascapanen,
dengan hasil uji regresi linier berganda yang memiliki nilai sig = 0,043 yang artinya 0,043 < 0,05 dan
mempunyai nilai B = 0,62. (3) Variabel Komunikasi Massa berpengaruh nyata terhadap tingkat adopsi
inovasi teknologi pascapanen, dengan hasil uji regresi yang memiliki nilai sig = 0,003 yang artinya
0,003 < 0,05 dan memiliki nilai 0,877. (4) Variabel komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok,
dan komunikasi massa berpengaruh nyata terhadap tingkat adopsi inovasi teknologi pascapanen padi
dengan hasil analisis persamaan regresi linier berganda, yaitu : Y = (-1.042) + 0.691 𝑋1 + 0.620 𝑋2 +
0.877 𝑋3.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.