FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP MAKANAN DARI JAMUR TIRAM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nurul Salehawati

Sari


Salah satu produk agroindustri yang semakin disukai masyarakat dan permintaannya meningkat adalah produk dengan tinggi protein, Dewasa ini, produk berbahan baku tinggi protein semakin disukai masyarakat. Produk agroindustri tersebut adalah jamur tiram. Jamur tiram merupakan tanaman yang termasuk dalam kelompok hortikultura. Saat ini makanan olahan jamur tiram sudah semakin banyak, mulai dari sebagai lauk pelengkap ataupun sebagai snack makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap makanan berbahan baku jamur tiram di DIY. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi, uji asumsi klasik, serta uji regresi linier berganda untuk mengetahui faktor faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsumen yang membeli makanan berbahan baku jamur tiram sebagian berusia antara 15 – 32 tahun, memiliki pendidikan S1 dan SMA, berprofesi sebagai karyawan swata dan mahasiswa, serta memiliki pendapatan setiap bulannya sebesar lebih dari Rp.1.000.000 – Rp.2.500.000. Terdapat pengaruh signifikan dan kuat porsi, harga, rasa,  keamanan, kebersihan, ajakan teman, kandungan gizi, dan pelayanan secara simultan dengan ditunjukkan dari nilai uji t nya tidak melebih nilai alpha 0,05. Selanjutnya hubungan variabel yang ada dalam penelitian ini memberikan pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian konsumen makanan berbahan baku jamur tiram.

 

Kata kunci : Faktor, keputusan konsumen, Pembelian, Jamur tiram, DIY.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andoko, Agus dan Parjimo. 2007. Budidaya Jamur (Jamur Kuping, Jamur Tiram dan Jamur Merang). Agromedia Pustaka. Jakarta.

Asmarantaka, Ratna Winandi. 2012. Pemasaran Agribisnis.Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Bogor.

Badan Pusat Statistik.20115 - 2017 Statistik Produksi Hortikultura . DIY

Dedeh Siti Saodah, Rosda Malia. (2017). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). Journal Agroscience Vol. 7 No. 1 Tahun 2017.

Freddy Rangkuti. 2006. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Pasaribu, T., Permana D.R., dan Alda E.R., 2002. Aneka Jamur Unggulan Yang Menembus Pasar. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta

Vina Agustina, Yoestini. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar Bus (Studi Pada Wilayah Semarang Town Office). Diponegoro Journal Of Management. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012, Halaman 1-11.

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior, 7th Edition. Upper Saddle River. Prentice Hall Inc. New Jersey.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.

Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis, Edisi Ketiga. BPFE. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.