POTENSI DAN KENDALA YANG DIHADAPI PETANI MANGGA DALAM MENGAKSES LEMBAGA PEMASARAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON)

Elly Rasmikayati, Mentari Nur Azizah, Bobby Rachmat Saefudin

Sari


Kabupaten Cirebon memiliki potensi besar dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi mangganya namun trennya berfluktuatif dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah masalah sulitnya petani mengakses lembaga pemasaran mangga yang lebih bersaing dalam harga jual mangganya seperti pasar induk, pasar modern atau pasar ekspor. Kecamatan Greged yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Beber dan Kecamatan Astanajapura merupakan kecamatan yang paling berpotensi dalam pengembangan agribisnis mangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan kendala petani dalam mengakses lembaga pemasaran di Kecamatan Greged. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan alat analisis data yaitu analisis statistika deskriptif dan analisis crosstabulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi petani manga di Kec. Greged dalam mengakses lembaga pemasaran diantaranya mudahnya akses mendapatkan Informasi Pemasaran, system pembayaran tunai, pengetahuan mengenai informasi harga jual manga di pasar, kendali penentuan harga yang sudah banyak ditentukan oleh pihak petani dari pada pembeli, kemudahan syarat mengakses pasar dan sudah tersedianya sarana transportasi. Sedangkan kendala yang dihadapi petani mangga dalam mengakses lembaga pemasaran diantaranya cara penjual manga yang masih banyak dilakukan petani melalui perantara dan pembeli mangga yang sebagian besar masih ke pedagang pengepul atau bandar. Lebih lanjut, kebijakan revitalisasi kelembagaan mangga terutama lembaga kelompok tani harus dilakukan agar lembaga ini lebih berperan dalam memasarkan hasil mangga dari para petani. Selain itu petani harus lebih didorong untuk mampu menjual hasil panennya ke pasar secara langsung baik pasar tradisional, pasar induk, pasar modern maupun pasar ekspor.

 

Kata Kunci: Akses Petani, Lembaga Pemasaran, Petani Mangga, Kelompok Tani.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Kabupaten Cirebon. Kabupaten Cirebon dalam Angka 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Cirebon.

BPS Provinsi Jawa Barat 2016. Jawa Barat dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.

BPS Provinsi Jawa Barat 2017. Jawa Barat dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.

Dimyati (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon. 2006. Potensi Pengembangan Agribisnis Buah Mangga di Kecamatan Sentra Kabupaten Cirebon.

Hartanti, Dewi Sri. 2010. Implikasi Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Pendapatan Petani Mangga Gedong Gincu di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Skripsi diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Indrawan, R. & Yaniawati R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama.

Irawan, B., & Suhartini, S. H. (2015). Kelembagaan Agribisnis pada Berbagai Tipe Desa. https://media.neliti.com/media/publications/739-ID-kelembagaan-agribisnis-pada-berbagai-tipe-desa.pdf

Nasution.2007. Perilaku Merokok pada Remaja. Program Studi Psikologi. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara : Medan.

Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mampu Mendorong Petani Mangga untuk Meningkatkan Perilaku Agribisnisnya pada Era Globalisasi. Paradigma Agribisnis, 1(1). http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JPA/article/view/1491

Rasmikayati, E., Sulistyowati, L., Karyani, T., & Saefudin, B. R. (2018). Dinamika Perilaku Agribisnis Petani Mangga Di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Paradigma Agribisnis, 1(1). http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JPA/article/view/1491

Rasmikayati, E., Wibawa, G., Andriani, R., Fatimah, S., dan Saefudin, B.R. (2018). Kajian Potensi dan Kendala dalam Proses Usahatani dan Pemasaran Mangga Di Kabupaten Indramayu. Sosiohumaniora, 20(3), 215-221. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/15859

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.