PEMBERDAYAAN DAN MOTIVASI KINERJA GAPOKTAN PADA PROGRAM DEM AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT PADI

Siti Aisyah

Sari


Program Dem Area Budidaya Tanaman Sehat Padi merupakan program nasional dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam melaksanakan budidaya tanaman padi yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia sejak tahun 2018. Program ini bertujuan terlaksananya budidaya tanaman sehat pada tanaman padi oleh petani dan meningkatnya pengetahuan petani dalam pengelolaan OPT.

            Penelitian ini dilakukan di Desa Suranenggala Kulon Wilayah Kerja UPT BP3K Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Dilaksanakan pada bulan Nopember 2018 sampai dengan Juni 2019. Bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan dan Motivasi Kinerja Kelompok Tani Pada Program DEM AREA.  Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dimana bertujuan untuk mendiskripsikan gejala-gejala yang terjadi pada masa penelitian. Variabel yang diteliti adalah Pemberdayaan dan Motivasi Kinerja Kelompok Tani Pada Program DEM AREA. Untuk mengetahui variabel yang diteliti digunakan analisis data secara deskriptif dengan data primer dan sekunder, analisis  regresi linier berganda, dan Uji F serta Uji-t (uji beda dua rata-rata sampel berpasangan).

           Hasil penelitian menunjukkan: (1) Variabel pemberdayaan berpengaruh nyata terhadap kinerja kelompok tani pada program DEM AREA, itu dibuktikan dari hasil analisis dan diperoleh nilai thitung 3,453 > ttabel 2,009 dengan nilai sig 0,002. Hal ini membuktikan bahwa variabel pemberdayaan dari ketiga indikator yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi berpengaruh terhadap kinerja kelompok tani, (2) Variabel motivasi berpengaruh nyata terhadap kinerja kelompok tani pada program DEM AREA, itu dibuktikan dari hasil analisis dan diperoleh nilai thitung 2,513 > ttabel 2,009 dengan nilai sig 0,028. Hal ini membuktikan bahwa variabel pemberdayaan dari keenam indikator yaitu kebutuhan dan tututan hidup yang layak, dorongan untuk partisipasi, tuntutan untuk bekerja, mencapai tujuan secara tepat, lingkungan kerja yang sehat, terpenuhinya kebutuhan pribadi berpengaruh terhadap kinerja kelompok tani, dan (3) Variabel pemberdayaan dan motivasi berpengaruh nyata secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja kelompok tani pada program DEM AREA, itu dibuktikan nilai Fhitung 15,232 > Ftabel 3,18 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05

 

Kata Kunci: Pemberdayaan, Motivasi Kinerja, Gapoktan, Dem Area

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Alvin. 2014. Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Dalam Jurnal Administrasi Bisnis Vol 8, No 2 (2014): Maret.

Badeni. 2013. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Alfabeta. Bandung.

Danim, Sudarwan. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Departemen Pertanian. 2011. Pedoman Pembinaan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani. Departemen Pertanian.

Duwi, Priyatno. 2011. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Andi. Yogyakarta

Hasibuan, Malayu, SP. 1996. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara. Bandung.

Jaclyen Tielung. 2013. Pemberdayaan Karyawan, Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN

Kementrian Pertanian. 2018. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Dem Area Budidaya Tanaman Sehat Padi. Dirjen Perlindungan Tanaman Pangan.

Mardikanto, 2012. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.

Nurjasmira, Rini. 2014. Komunikasi penyuluh pertanian dalam pemberdayaan masyarakat petani pada badan pelaksanaan penyuluhan dan ketahan pangan. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Maritim Ali Haji Tanjung Pinang.

Siti Amanah dan Narni Farmayanti. 2013. Pemberdayaan Social Petani-Nelayan, Keunikan Agroekosistem, dan Daya Saing, cetakan pertama. Jakarta

Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Cetakan ke Satu. Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA. Bandung

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. ALFABETA. Bandung

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka. Jakarta

Widjaja. A.W. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wijaya. 2000. Analisis Statistik dengan Program SPSS 10.0. ALFABETA. Bandung

Zeni. 2013. Skala Pengukuran dalam Penelitian dalam http://zenmasyafta.blogspot.co.id . Diakses tanggal 02 April 2017

.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.