IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL) DI PUSKESMAS BALIDA KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN MAJALENGKA

Yusup Juniar Kusumah, Moh Sutarjo, RM Haryo Bharoto

Sari


Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada fenomena adanya kendala dalam impelementasi kebijakan Jampersal di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Penelitian ini di laksanakan di Puskesmas Balida Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, dimana Puskesmas Balida merupakan Puskesmas yang mengepalai 11 (sebelas) Desa di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka dengan dilengkapi fasilitas ruang rawat inap bersalin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) pada Puskesmas Balida Kecamatan  Dawuan Kabupaten Majalengka.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah EDWARD III dimana terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan publik yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi/Sikap, dan Struktur Birokrasi.

Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pusposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan menganalisa data pada arsip dan dokumentasi foto kegiatan pelayanan Jaminan Persalinan di Puskesmas Balida Kecamatan Dawuan Kabupaten Manjalengka.

Hasil dari pengamatan ini, pelaksanaan program Jampersal di Puskesmas Balida sesuai tujuan yaitu cakupan pelayanan terhadap masyarakat khususnya ibu hamil, kendala dalam program Jampersal yaitu tidak adanya sosialisasi secara khusus terhadap masyarakat terutama ibu hamil.

Kesimpulan hasil penelitian ini secara keseluruhan adalah pelaksanaan program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) di Puskesmas Balida Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka belum tercapai secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya masyarakat di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka yang tidak menggunakan jaminan persalinan karena ketidaktahuan adanya program jaminan persalinan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku-Buku

Indiahono, Dwiyanto. 2009, Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono, Prof. 2003, Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Moleong, Lexy J.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosada Karya.

Widodo, Joko. 2006. Analisis Kebijakan Publik. Sidoarjo: Bayumedia.

Suharto, Edi. 2005. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Winarno, Budi., Prof. 2007. Kebijakan Publik. Pringwulung: MedPress.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 36 Nomor 29 Tentang Kesehatan

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2562/MenKes/Per/XII/2011 Tentang Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber Lain

April04thiem.wordpress.com/2010/11/12/studi-kepustakaan/

Lib.uin-malang.ac.id/thesis/chapter_iii/06210094-susilawati.ps


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.