HUBUNGAN KEPEMIMPINAN OLEH CAMAT DENGAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT CIWARINGIN KABUPATEN

Riska Silvia, Achdi Halim, Mohammad Sutarjo

Sari


Judul penelitian yang penulis tetapkan adalah “Hubungan Kepemimpinan Oleh Camat dengan Kinerja Pegawai di Kantor Camat Ciwaringin Kabupaten Cirebon”. Hasil pengamatan yang Penulis temukan pada saat penelitian, yaitu belum tercapainya kinerja pegawai yang terlihat dari :
1. Pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan pegawai di Kantor Camat Ciwaringin Kabupaten Cirebon kurang sesuai dengan kualitas yang diharapkan, hal ini terlihat dari kurang telitinya pegawai dalam melakukan pekerjaan, pegawai juga kurang rapi dalam bekerja. Contohnya pegawai kurang rapi dalam menyimpan dokumen-dokumen.
2. Pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan pegawai di Kantor Camat Ciwaringin Kabupaten Cirebon kurang sesuai dengan kuantitas yang diharapkan, hal tersebut terlihat dari hasil pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang tidak dapat diselesaikan sesuai dengan jumlah yang ditargetkan.
3. Adanya sikap pegawai yang kurang terpuji seperti kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, datang kerja terlambat dan pulang kantor lebih awal dari jam kerja yang telah ditentukan yaitu dari pukul 06.45 - 15.15, sering meninggalkan kantor pada saat jam kerja tanpa menyertakan alasan, serta kerjasama antar pegawai masih kurang.
Masalah-masalah tersebut di atas timbul akibat dari kurang optimalnya kepemimpinan oleh Camat Ciwaringin Kabupaten Cirebon, yang terlihat dari :
1. Kepemimpinan oleh Camat kurang sesuai dengan etika profesi jabatan, artinya pemimpin jarang ada di kantor karena alasan kesibukan sehingga hal ini yang menyebabkan pegawai meniru tindakan yang dilakukan pemimpin.
2. Kepemimpinan oleh Camat kurang memberikan motivasi kepada pegawai untuk bekerja lebih giat, karena yang bekerja dengan baik dan disiplin dengan yang kurang baik dan kurang disiplin dibiarkan saja atau tidak diapa-apakan.
3. Pemimpin dalam mengambil keputusan terkadang tidak melibatkan bawahan, karena keputusan harus diambil secara cepat.
Metode penelitian yang penulis gunakan dalam melakukan penelitian adalah metode survei dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu menganalisa variabel penelitian dengan didukung data yang diolah dengan menggunakan rumus statistik.
Hipotesis yang penulis ajukan adalah “Ada hubungan antara Kepemimpinan Oleh Camat dengan Kinerja Pegawai di Kantor Camat Ciwaringin Kabupaten Cirebon”.
67
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan belum optimal, dimana keberhasilannya baru mencapai tingkatan antara baik/tidak baik dengan total skor 631 atau 65,73 %. Variabel kinerja pegawai juga masih berada pada kategori antara baik/tidak baik atau belum optimal dengan total skor 513 atau 71,25 %.
Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kepemimpinan dengan kinerja pegawai, yaitu pada kategori kuat dengan rs hitung sebesar 0,625, sedangkan nilai rs tabel untuk responden sebanyak 16 orang dengan derajat kepercayaan sebesar 95 % dan derajat kesalahan sebesar 5 % adalah 0,425, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian diterima.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.