PROSES WORD OF MOUTH COMMUNICATIONS SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON

Aghnia Dian Lestari, Dedet Erawati

Sari


ABSTRAK

 

Isu-isu dibicarakan, dikendalikan dan diarahkan dan berputar cepat baik sengaja atau tidak untuk kepentingan kebutuhan intitusi atau lembaga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses word of mouth, hambatan ketika mempromosikan, dan peran media sosial sebagai media promosi UGJ dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru. Diperlukan kreativitas, fleksibilitas, dan sikap bijaksana menggunakan komunikasi ini agar masyarakat membicarakannya dengan jujur agar memiliki pengaruh positif, meski terkadang tidak terprediksinya informasi oleh pihak eksternal melalui media sosial dalam jejaring internet seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Website maupun secara langsung karena ada pihak yang merasa tidak puas dengan hasil yang dirasakan. Sesuai dengan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa lebih mudah menyerap informasi tentang UGJ dari apa yang didengarnya. Terlebih lagi informasi tersebut atas saran dari kerabat, keluarga, alumni bahkan sampai mahasiswa turut terlibat dalam penyebaran informasi penerimaan mahasiswa baru. Promosi UGJ yang dilakukan dengan word of mouth memang lebih efektif dibanding media sosial, seperti Website, Instagram, Facebook karena lebih mudah untuk menangkap respon lawan bicara dibandingkan informasi dari Website yang pesannya hanya satu arah. Lebih mudah untuk mengendalikan informasi negatif, berita simpang siur atau salah informasi pada saat face to face karena dapat dikendalikan secara langsung pada saat itu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif melalui studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Temuan penelitian ini menghasilkan model word of mouth UGJ sebagai media promosi khususnya dalam menggaet mahasiswa baru sehingga kelak bermanfaat untuk UGJ dalam menyusun strategi agar terhindar dari isu-isu buruk dan mempertahankan isu-isu yang baik.

 

Kata Kunci: word of mouth communication, promosi, universitas swadaya gunung jati


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendekia.

Philip, Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid. Jakarta: PT Indeks.

Shimp. Terence. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Terj. Harya B.S, dkk. Jakarta: Salemba Empat.

Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi 1. Bandung: Linda Karya.

Kotler, Philip; & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas, Jakarta: PT Indeks.

Sumardy, Marlin & Melina. 2011. The Power Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, diterjemahkan Oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks.

Irawan D. Hadi. 2008. Smarter Marketing Moves: Membangun Keunggulan Melalui Informasi ,Komunikasi dan Produk. Jakarta: PT. Media Elex Komputindo

Rudi Harjanto. 2010. Kegiatan Komunikasi Getok Tular dalam Penciptaan Citra Mercedes benz di Jakarta (Studi Interaksi Simbolik Kegiatan Komunikasi di Kalangan Pengguna Mercedes Benz di Jakarta. Disertasi Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Padjajaran

Christina Esti Susanti. 2009. “The Influence Of Image And Customers Satisfaction Towards Consumers Loyalty To Traditional Food In Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 4 (1), April: Hal. 1-10

Santosa, Hedi Pudjo. 2011. Implikasi Media Sosial pada Perkembangan Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Kotler, P & Keller, K.L. 2012. Marketing Management (14th ed.), Pearson Internasional Edtion, New Jersey: Prentice-Hall.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial. 2015. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Issac, Stephen, and William B. Michael. 2000. Dalam Rakhmat. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2.2412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License