KONSEP DIRI MAHASIWA DALAM MEMBENTUK LOYALITAS MEREK SEPATU CONVERSE

Silviane Desta Fitriani, Mukarto Siswoyo, Mahmudah .

Sari


ABSTRAK

Konsep diri merupakan bagian penting dalam kehidupan individu yang merupakan refleksi yang dipandang, dirasakan, dan dialami individu mengenai dirinya sendiri. Adanya konsep diri akan menunjang individu menjalani hidup, kaena cara individu memandang dirinya merupakan cara seseorang menjalani hidupnnya. Loyalitas merek didefinisikan sebagai tingkatan dimana pelanggan memiliki sikap positif terhadap suatu merek, memiliki komitmen dan cenderung untuk terus melanjutkan membeli produk dengan suatu merek tertentu dimasa yang akan datang.  Dengan demikian, loyalitas merek secara langsung dipengaruhi oleh kepuasan / ketidakpuasan pelanggan terhadap merek tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengumpulan data informan dilakukan secara purposive sampling. Peneliti menentukan subjek penelitian berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria itu juga mengacu atas dasar kesesuaian pengetahuan atau permasalahan dan tujuan penelitian. Peneliti menggunakan empat informan dan pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori Johari Window untuk menjadi pegangan dalam penelitian. Hasil penelitian disimpulkan konsep diri mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon dalam membentuk loyalitas merek sepatu converse didasari oleh pengungkapan diri dari pengguna merek sepatu converse yang merasa puas dan merasa percaya diri mengenakan merek sepatu converse. Faktor-faktor yang mempengaruhi dan membentuk loyalitas merek sepatu converse dengan teori konsep diri, yaitu kesadaran diri. Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengenali perasaan dan mengapa seseorang merasakannya seperti itu dan pengaruh perilaku seseorang terhadap orang lain. Faktor lainnya yaitu usia kematangan, penampilan diri, kepatutan seks, nama dan julukan, hubungan keluarga, teman-teman sebaya, kreativitas dan cita-cita.

Kata Kunci : Konsep Diri, Loyalitas Merek Sepatu Converse Pada Mahasiswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aw, Suranto. 2011. Komuikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Damiati, et.al. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: PT RajagrafindoPersada

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Harapan, E. Dan Ahmad, S. 2014. Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Huriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta CV

Kurniawati, Kania. 2014. Komunikasi Antarpribadi: Konsep dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu

Morissan. 2010. Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suharsono, Dan Sutarso. 2010. Marketing In Pratice. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumber Lain :

http://eprints.uny.ac.id/9224/2/BAB%20I%20-09514131004.pdf(diakses pada Kamis, 15 Februari 2018 pukul 19.08 WIB)

http://etheses.uin-malang.ac.id/629/6/10410181%20Bab%202.pdf (diakses pada Selasa, 6 Maret 2018 pukul 11.00 WIB)

http://digilib.uinsby.ac.id/2925/5/Bab%202.pdf (diakses pada Selasa, 6 Maret 2018 pukul 11.25 WIB)

http://repository.fisipuntirta.ac.id/499/1/SELF%20DISCLOSURE%20PADA%20MEDIA%20SOSIAL%20-%20Copy.pdf (diakses pada Rabu, 7 Maret 2018 pukul 12.25 WIB)

https://www.scribd.com/doc/84632819/Teori-Johari-Window (diakses pada Rabu, 7 Maret 2018 pukul 14.00 WIB)

http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/10/brand-loyalty-loyalitas-merek-definisi.html (diakses pada Jumat 20 April 2018 pukul 22:13




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2.2418

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License