STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK CABNAG PALIKANCI KOTA CIREBON DALAM PENGGUNAAN E-TOLL CARD DI KOTA CIREBON

Hilna Juliyana, Moh Sutarjo, Farida Nurfallah

Sari


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bisnis  PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon Dalam Penggunaan E-Toll Card di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  deskriptif  tujuan dari metode desktiptif membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Objek penelitian adalah PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon dengan layanan penggunaan E-Toll Card, subjek penelitian adalah orang-orang yang memberikan informasi mengenai PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon  yaitu Toll Collection Management, sentral komunikasi PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon  dan beberapa penggunan jalan tol.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Bisnis PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon  Dalam Penggunaan E-Toll Card di Kota Cirebon sudah sesuai dengan tujuh pilar strategi komunikasi bisnis. Dengan strategi komunikasi bisnis yang dilakukan sekarang, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon, mampu memberikan pelayanan dan tanggapan nya atas kualitas pelayanan yang telah di berikan untuk para penggunan jalan. Penyedia jalan tol dan memberikan pelayanan terbaik mampu memberikan peningkatan pelyananan penggunaan E-Toll Card.

            Dari hasil wawancara dengan Konsumen penggunan jasa E-Toll Card di Kota Cirebon. Dari hasil wawancara dengan Konsumen  pengguna jasa E-Toll Card di kota Cirebon terlihat beberapa informan merasakan puas dengan adanya penggunaan E-Toll Card yang diberikan oleh pihak PT.Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Palikanci Kota Cirebon. Hal ini terlihat dari hasil pernyataan-pernyataan yang diberikan  mengenai E-Toll Card.

 

Kata kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Pengguna Jasa, E-Toll Card

 

ABSTRACT

 

            This is research entitled Business Communication Strategy PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City In Use of E-Toll Card in Cirebon City ". This study aims to find out how business communication strategy of PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City In Use of E-Toll Card in Cirebon City. This research uses a descriptive qualitative method of purpose from a descriptive method of making a description, picture, or painting systematically, factually and accurately about facts, properties and relationship between phenomena investigated. The object of research is PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City with service use of E-Toll Card, the subject of research is the people who provide information about PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City is Toll Collection Management, central communications PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City and some toll road users.

            The results showed that Business Communication Strategy PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City The use of E-Toll Card in Cirebon City is in line with seven pillars of business communication strategy. With the current business communication strategy, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City, able to provide service and its response to the quality of service that has been given to the users of the road. The provider of toll roads and provide the best service is able to provide increased use of E-Toll Card.

            From the results of interviews with consumers using E-Toll Card services in Cirebon City. From the results of interviews with consumers E-Toll Card users in the city of Cirebon seen some informants feel satisfied with the use of E-Toll Card provided by the PT.Jasa Marga (Persero) Tbk Palikanci Branch Cirebon City. This is evident from the results of the statements given on the E-Toll Card.

Keywords: Business Communication Strategy, Service User, E-Toll Card


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cengara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy,onong uchjana.2015. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Kennedy,Jhon E & R. Dermawann Soemanagara. 2006. Marketing Communication.Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer.

Kotler dan Keller . 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Priyatna dan Elvinari. 2000. Strategi Komunikasi Bisnis Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjajaran.

Purwanto, Djoko. 2010. Komunikasi Bisnis. Surakarta: Erlangga.

Purwanto dan Zakaria. 2016. Komunikasi Bisnis Perspektif Konseptual Dan Kultural.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rangkuti,Freddy. 2006.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabet

Tjiptono, Fandy.2004. Manajemen Jasa Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset

Sumber lain:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/jasa_marga_(perusahaan) di unduh pada 13-02-2018 pukul 10:23:55

https://id.m.wikipedia.org/wiki/E-Toll di unduh pada 14-02-2018 pukul 10:46:31

http://www.jasamarga.com/public/id/infoperusahaan/ProfilPerusahaan/Overview.aspx di unduh pada 14-04-2018 pukul 11:12:56




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2.2420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License