PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DI DESA TARAJU KECAMATAN SINDANG AGUNG KABUPATEN KUNINGAN

Yoyo Sunaryo Nitiwijaya

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Taraju dengan metoda survey, pengumpulan data  menggunakan alat bantu kerangka wawancara dan angket. Teknik penelitian observasi dengan partisipasi secara parsial (quasi partisipation), peneliti ikut serta dalam proses di berbagai pengrajin mulai dari proses sampai pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui dinamika usaha mikro ini dalam pengelolaan manajemen keuangan, proses produksi dan pemasaran.

Lokus penelitian di desa ini ditetapkan secara sengaja (purposif), dengan pertimbangan bahwa desa tersebut memiliki jumlah penduduk yang banyak 3.959 jiwa terdiri dari 1.111 KK  pada saat ini Desa Taraju memiliki Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 25 pengusaha tapi secara sumstansial usaha ada 63 pengusaha. Terdiri dari usaha bawang goreng, rempeyek, emping, raginang, ayam broiler, pandai besi, pengrajin serangka kayu, pengrajin serangka tanduk kerbau, dan pengrajin serangka kulit sapi. Sehingga dapat dikatagorikan sebagai desa yang dinamika tinggi dalam pengelolaan usaha mikro, dengan omset perputaran usaha (turn over) harian diatas satu milyar.

Produk UMKM dari Desa Taraju, sudah menyebar di berbagai pasar di Kota Kuningan dan sekitarnya bahkan produk bawang goreng sudah eksport ke kawasan Arab Saudi. Secara substansional usaha  mikro ini sudah berjalan dengan baik, karena mampu membuka lapangan kerja dan sudah mampu berkontribusi terhadap pendapatan daerah (negara). Namung dalam pengelolaan manajerial masih belum optimal, usahanya bergerak secara sendiri-sendiri sehingga sulit melakukan efisiensi usaha terutama dalam mengelola modal kerja. Seperti untuk pembelian bahan baku maupun bahan penunjang, jika dilakukan secara bersama (corporate) bisa menekan biaya operasional, begitu juga dalam pemasaran produk sehingga margin tataniaganya menjadi tinggi.   

 

Kata Kunci : Pemberdayaan, Desa Taraju, Usaha Mikro.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi Rohani. 1999. “ Pengelolaan Pasar”. Rineka Cipta. Jakarta.

Buchari Alma. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Deni Mukbar. 2007. Denyut Usaha Kecil di Pasar Tradisional Dalam Himpitan Hipermarket. Jurnal analisis social.

Denny, R. 1997. Sukses Memotivasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Faisal, S. 2003. Format-format Penelitian Sosial. Rajawali Pers. Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Yogyakarta.

Heidjrachman Ranupandojo, Irawan, dan Sukanto Reksohadiprodjo. 1985. Pengantar Ekonomi Perusahaan Buku 2. BPFE, Yogyakarta.

Hendrojogi. 2000. Koperasi dan Azas-Azas, Teori dan Praktek. Jakarta : Rajawali.

Karsiadi, Ravik. 2001. Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Wirausaha Muda. Bogor.

Menteri Koordinator Kesejahteraan. 2000. Koperasi Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Mosher, A. T. 1968. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. CV Yasaguna. Jakarta

Rogers dan Schoemaker. 1986. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. Surabaya:Usaha Nasional.

Zulkifli Azzaino. 1981. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi. Faperta IPB, Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.